SOLOPOS.COM - Tugu Bandeng yang merupakan salah satu ikon di Kabupaten Pati, kabupaten tertua di Jawa Tengah. (Solopos.com-Instagram)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terbagi dalam 29 kabupaten dan enam kota. Lantas dari 29 kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) itu manakah yang menyandang predikat tertua?

Provinsi Jateng memiliki luas wilayah mencapai 32.800,69 km persegi, dengan jumlah penduduk sekitar 37,49 juta jiwa. Jateng terbagi dalam 35 kabupaten dan kota, dengan kabupaten terluas berada di Cilacap.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Meski menjadi yang terluas, Cilacap bukanlah kabupaten tertua di Jawa Tengah (Jateng). Predikat kabupaten tertua justru disandang Kabupaten Pati dan Kabupaten Demak, yang terletak di kawasan pesisir pantai utara atau Pantura.

Diolah dari berbagai sumber, usia Kabupaten Pati dan Demak lebih 500 tahun atau setengah milenium. Hari jadi Kabupaten Pati ditetapkan pada tanggal 7 Agustus 1323 atau 699 tahun silam, sedangkan Kabupaten Demak pada tanggal 28 Maret 1503 atau 520 tahun silam.

Usia yang sudah melebih setengah milenium ini membuat Kabupaten Pati dan Demak layak menyandang predikat sebagai kabupaten tertua di Jawa Tengah.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com dari berbagai sumber, keberadaan Kabupaten Pati tidak bisa dilepaskan dari Kerajaan Majapahit. Dulunya, Pati merupakan bagian dari Kerajaan Majapahit.

Konon, sebelum bernama Pati, Kabupaten Pati dikenal dengan Kadipaten Pesantenan, dengan pusat pemerintahan di Desa Kemiri. Namun, pada masa kepemimpinan Adipati Tambanegara, ibu kota Kadipaten Pesantenan dipindah dari Desa Kemiri ke Desa Kaborongan.

Perpindahan ibu kota Pati inilah yang menjadi dasar penetapan hari jadi Pati, yakni pada tanggal 7 Agustus 1323. Hingga saat ini, setiap tanggal 7 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Pati.

Raden Patah

Sementara itu, tak jauh berbeda dengan Kabupaten Pati, keberadaan Kabupaten Demak juga tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Kerajaan Majapahit. Bedanya, Kabupaten Demak berdiri saat Kerajaan Majapahit mulai mengalami masa-masa keruntuhan.

Keberadaan Demak tidak bisa dilepaskan dari lahirnya Kesultanan Demak pada akhir abad ke-15. Kala itu, Demak yang sebelumnya berada di bawah kekuasaan Majapahit, melakukan pemberontakan di bawah kepemimpinan Raden Patah.

Demak pun akhirnya berdiri sendiri dan menjadi sebuah kerajaan dengan nama Kesultanan Demak. Hari penobatan Raden Patah sebagai Raja Demak pada tanggal 28 Maret 1503 inilah yang saat ini ditetapkan sebagai hari lahir atau Hari Jadi Kabupaten Demak.

Dengan catatan sejarah itu, tak heran jika Kabupaten Pati dan Demak saat ini dianggap sebagai kabupaten tertua di Jawa Tengah (Jateng). Dari 29 kabupaten yang ada di Jateng, Pati menjadi kabupaten tertua. Masyarakat Pati bahkan akan merayakan hari jadi ke- 700 atau genap tujuh abad pada 7 Agustus nanti.

Meski demikian, ada kota di Jateng yang lebih tua dari Kabupaten Pati, yakni Salatiga. Kota Salatiga baru saja merayakan hari jadi ke-1273 tahun pada 24 Juli kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya