SOLOPOS.COM - Gunung Ungaran dilihat dari Rest Area KM.429 Ungaran diambil 10 September 2018. (Wikimedia Common/Adrian)

Solopos.com, UNGARAN — Gunung Ungaran merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter itu kerap menjadi destinasi bagi pendaki. Berikut empat jalur pendakian di Gunung Ungaran.

Gunung Ungaran memiliki sederet potensi yang menarik perhatian wisatawan. Tak hanya wisata alam, di kawasan Gunung Ungaran juga terdapat situs bersejarah yakni Candi Gedong Songo yang merupakan peninggalan Kerajaan Medang pada abad ke-9.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Selain memiliki sederet daya tarik wisata, Gunung Ungaran selama ini juga cukup populer di kalangan pendaki. Ada tiga puncak di Gunung Ungaran yang bisa dicapai dari berbagai jalur pendakian yakni Puncak Botak, Gendol, dan Ungaran.

Di antara ketiga puncak itu, Puncak Ungaran merupakan yang tertinggi. Untuk mencapai puncak tertinggi itu, pendaki bisa melalui jalur Medini serta Gedongsongo atau Promasan.

Berikut jalur pendakian di Gunung Ungaran yang diolah Solopos.com dari berbagai sumber:

Baca juga: Cuaca Ekstrem Mengintai, Jalur Pendakian Lawu via Karanganyar Masih Dibuka

1. Jalur Basecamp Mawar

Jalur Basecamp Mawar merupakan jalur pendakian Gunung Ungaran yang paling populer. Jalur ini juga kerap dilalui para pendaki pemula atau yang baru menggeluti hobi mendaki gunung.

Hal itu dikarekana jalur ini terbilang cukup aman dan terawat. Pendaki pun bisa menggunakan kendaraan dan parkir di Basecamp Mawar yang terletak di Dusun Kluwih, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

Pendakian menuju puncak Gunung Ungaran dari dari basecamp ini hanya membutuhkan waktu sekitar 7-12 jam. Selama perjalanan, pendaki juga akan melewati hutan pinus, hutan campuran, sungai kecil, dan lain-lain.

Baca juga: Ini 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Mana Paling Menantang?

2. Jalur Candi Gedong Songo

Jalur Candi Gedong Songo disebut-sebut bukanlah jalur resmi pendakian ke Gunung Ungaran. Dengan demikian, pendaki yang melewati jalur ini tidak akan menemukan rumah atau pos sebagai basecamp.

Kendati demikian, jalur ini tetap diminati karena menyajikan pemandangan yang indah sepanjang treknya. Pendakian ke puncak Gunung Ungaran melalui jalur Gedong Songo ini memakan waktu sekitar 5-8 jam.

Untuk melalui jalur ini, kebanyakan pendaki memarirkan kendaraan di rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar kawasan wisata Candi Gedong Songo.

3. Jalur Promoasan

Jalur pendakian Gunung Ungaran bisa juga dilalui melalui Kabupaten Kendal. Tepatnya di Desa Candi Promasan, Kelurahan Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan.

Melalui jalur Promasan pendaki akan disuguhkan hamparan kebun teh milik warga. Basecamp Promasan bisa dijangkau dengan menggunakan sepeda motor dari Pasar Boja, Kendal.

Pendakian dari jalur Promasan ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Jalur ini juga melalui berbagai medan seperti menanjak dan licin saat musim hujan.

Baca juga: Embung Patemon, Destinasi Wisata yang Menyehatkan Dekat Kampus Unnes Semarang

4. Jalur Parantunan Gintungan Bandungan

Jalur Parantunan di Desa Gintungan, Kecamatan Bandungan, merupakan salah satu jalur resmi pendakian Gunung Ungaran, seperti halnya Jalur Mawar.

Jika melalui jalur ini pendaki bisa mendaki tiga puncak Gunung Ungaran sekaligus, yakni Bondolan, Botak, dan Tugu Banteng Raider.

Jalur ini juga menawarkan pengalaman yang istimewa karena relatif landai, didominasi jalan tanah, dan jarak antarpos juga dekat. Total ada sekitar lima pos pendakian di jalur ini.



Nah, demikianlah sejumlah jalur yang disiapkan untuk pendakian di Gunung Ungaran. Mana favoritmu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya