SOLOPOS.COM - Grojogan Sewu di Tawangmangu, Karanganyar, merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah. (Solopos.com/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SEMARANG – Ratusan air terjun atau yang sering disebut juga dengan curug, tersebar di berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng). Meski demikian, dari ratusan air terjun atau curug di Jawa Tengah itu, beberapa di antaranya masuk kategori sebagai yang tertinggi.

Air terjun atau curug kerap menampilkan pesona yang indah dan menarik perhatian. Oleh karenanya, tidak jarang air terjun ini dijadikan sebagai objek wisata karena mampu menjadi daya tarik wisatawan.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Nah, di Jateng ada sejumlah objek wisata air terjun yang cukup terkenal seperti Grojogan Sewu di Tawangmangu Karanganyar, hingga Curug Cipendok di Banyumaas. Kendati demikian, dari ratusan air terjun itu manakah yang masuk predikat tertinggi.

Berikut daftar lima air terjun di Jawa Tengah yang masuk predikat sebagai yang tertinggi, diolah dari berbagai sumber:

1. Curug Kalipancur di Semarang

air terjun tertinggi di jawa tengah
Curug Kalipancur. (bob.kemenparekraf.go.id)

Curug Kalipancur merupakan nama sebuah objek wisata air terjun yang terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, atau tak jauh dari tempat wisata Kopeng. Dilansir dari id.wikipedia.org, Curug Kalipancur merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah (Jateng), dengan ketinggian sekitar 100 meter.

Curug ini berada di lereng Gunung Telomoyo dan airnya mengarah ke Danau Rawa Pening. Sepanjang punggungan gunung ini selain terdapat air terjun juga memiliki banyak tebing batu andesit dengan ketinggian bervariasi dari 20 meter sampai 100 meter. Lokasi ini juga banyak didatangi para pencinta alam yang melakukan olahraga ekstrem berupa panjat tebing karena kemiringannya hampir 90 derajat.

2. Curug Cimandaway di Cilacap

air terjun tertinggi di jawa tengah.
Curug Cimendaway di Cilacap. (wisata.cilacapkab.go.id)

Dilansir dari id.wikipedia.org, Curug Cimandaway merupakan salah satu tempat wisata curug terindah di Kabupaten Cilacap. Curug ini memiliki tinggi kurang lebih 100 meter, dan ini dinobatkan sebagai curug atau air terjun tertinggi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng).

Dilihat dari chanel Youtube milik Fasiroh, tampak air di Curug Cimandaway berwarna bening,jernih, dengan pemandangan alam yang sangat memukau dan menakjubkan. Curug Cimandaway terletak di Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap.

3. Curug Cipendok di Banyumas

air terjun tertinggi di jawa tengah
Curug Cipendok di Banyumas. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Dilansir dari id.wikipedia.org, Curug Cipendok merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 92 meter, yang terletak di lereng Gunung Slamet. Dengan ketinggian itu, Curuug Cipendok pun masuk dalam daftar air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Curug Cipendok mempunyai daya tarik tersendiri, karena lingkungan masih betul-betul alami. Kesunyian juga masih sangat terasa, sebab belum banyak pelancong yang datang menikmati keindahan alamnya. Hawa di sekitarnya sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.

4. Grojogan Sewu di Karanganyar

Grojogan Sewu merupakan air terjun yang berada di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur kota Kabupaten Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu berarti air terjun. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun yang ada tingginya sekitar 80 meter dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

5. Curug Sewu di Kendal

air terjun tertinggi di jawa tengah
Curug Sewu di Kabupaten Kendal. (kendalkab.go.id)

Obyek wisata Air Terjun Curug Sewu merupakan air terjun dengan debit aliran air terbesar di Jawa Tengah, berada di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Air Terjun Curug Sewu ini berada di kertinggian 650 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah (Jateng).

Dilansir dari laman kendalkab.go.id, air terjun Curug Sewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya. Total ketinggian Curug Sewu mencapai 70 meter yang terdiri dari 3 air terjun, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya