SOLOPOS.COM - Ilustrasi perempuan. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terbagi dalam 35 kabupate/kota dengan jumlah penduduk mencapai 37.032.410 jiwa. Dari 35 kabupaten/kota itu beberapa di antaranya didominasi kaum perempuan atau jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan lebih banyak dibandingkan penduduk pria.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng yang dirangkum dalam Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka 2023, jumlah penduduk di Jateng mencapai 37 juta lebih yang terdiri dari 18.614.868 pria dan 18.417.542 pria.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Ke-37 juta penduduk itu tersebar di 35 kabupaten/kota mulai dari Brebes di ujung barat hingga Sragen dan Blora di ujung timur. Rata-rata dari 35 kabupaten/kota di Jateng itu mayoritas di dominasi laki-laki.

Akan tetapi, ada beberapa kabupaten/kota atau daerah di Jateng yang penduduk berjenis kelamin perempuan lebih banyak dari pria. Mana sajakan kabupaten/kota itu? Berikut lima daerah di Jateng yang didominasi kaum perempuan atau jumlah penduduk perempuan lebih banyak daripada pria :

1. Kota Semarang

Kota Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia, Kota Semarang ternyata di dominasi perempuan.

Jumlah perempuan di Kota Semarang lebih banyak daripada pria. Jumlah perempuan di Kota Semarang mencapai 836.670 orang, sedangkan jumlah pria sekitar 821.305 orang.

2. Kabupaten Pati

Kabupaten Pati kerap dijuluki sebagai Hogwarts-nya Indonesia. Sebutan itu tak lain karena Pati terkenal memiliki sejumlah tokoh paranormal yang cukup populer.

Namun, selain dikenal sebagai Kota Paranormal, Pati rupanya juga dihuni banyak perempuan ketimbang laki-laki. Jumlah penduduk berjenis kelamin perempuan di Pati mencapai 671.682 orang, sedangkan laki-laki sekitar 667.890 orang.

3. Klaten

Kabupaten Klaten merupakan daerah di Jateng yang berbatasan langsung dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain dipimpin kepala daerah perempuan, yakni Bupati Sri Mulyani, Klaten rupanya juga didominasi perempuan.

Jumlah perempuan di Klaten saat ini mencapai 640.865 orang, atau lebih banyak 1.000 orang lebih daripada jumlah lelakinya yang berkisar di angka 634.985 orang.

4. Kabupaten Semarang

Selain Kota Semarang, daerah di Jateng yang didominasi perempuan rupanya juga ada di Kabupaten Semarang. Jumlah perempuan di Kabupaten Semarang tercatat lebih banyak dibandingkan kaum pria.

Jumlah kaum hawa di Kabupaten Semarang tercatat mencapai 535.963 orang, atau lebih banyak daripada kaum laki-lakinya yakni 532.529 orang.

5. Wonogiri

Kabupaten Wonogiri merupakan daerah di Jateng yang juga didominasi kaum perempuan. Jumlah kaum wanita di kabupaten yang berbatasan dengan Jawa Timur (Jatim) itu mencapai 529.436 orang, atau lebih banyak dari kaum lelaki yang mencapai 527.651 orang.

Selain lima kabupaten/kota di atas, beberapa daerah lain di Jateng juga didominasi kaum perempuan. Beberapa daerah itu yakni Kota Solo, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya