SOLOPOS.COM - Ilustrasi jembatan. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Infrastruktur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sebenar cukup memadai. Akses jalan raya di provinsi ini sudah banyak yang layak untuk dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Pun demikian dengan jumlah jembatannya. Berikut lima daerah di Jawa Tengah (Jateng) dengan jumlah jembatan terbanyak.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jembatan diartikan sebagai jalan, bisa dari bambu, kayu, beton, dan lain sebagainya, yang direntangkan di atas sungai, jurang, tepi pangkalan, dan sebagainya.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Jumlah jembatan di Jawa Tengah (Jateng) tergolong cukup banyak. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah jembatan di Jawa Tengah hingga tahun 2021 lalu mencapai 2.047 unit.

Sementara total panjang jembatan yang ada di Jateng hingga tahun 2021 tercatat mencapai 23.934 meter.

Jumlah banyaknya jembatan maupun panjangnya ini pun terus mengalami perubahan setiap tahunnya. Hal itu menyusul pembangunan infrastruktur di Jateng yang terus berkembang setiap saat.

Berikut lima daerah di Jawa Tengah (Jateng) dengan jumlah jembatan terbanyak.

1. Soloraya

Soloraya merupakan sebutan bagi wilayah yang tergabung dalam eks-Keresidenan Surakarta. Wilayah ini mencakup tujuh kabupaten/kota yang terdiri dari Kota Solo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri.

Jumlah jembatan di wilayah Soloraya atau eks-Keresidenan Surakarta ini terbanyak di Jawa Tengah (Jateng). Dilansir dari data BPS Jateng, jumlah jembatan di wilayah Surakarta mencapai 489, dengan panjang mencapai 4.537 meter.

2. Purwodadi

Di urutan kedua daerah di Jawa Tengah dengan jumlah jembatan terbanyak adalah Purwodadi. Purwodadi sebenarnya merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Grobogan, Jateng.

Meski demikian, Purwodadi di sini yang dimaksud adalah Balai Pengelola Jalan (BPJ) Purwodadi.

BPJ Purwodadi menangani infrastruktur jembatan di wilayah Purwodadi dan sekitarnya, seperti Boyolali, Kabupaten Semarang, hingga Sragen. Jumlah jembatan yang ditangani BPJ Purwodadi mencapai 303 unit, dengan total panjang mencapai 3.540 meter.

3. Pekalongan

Wilayah eks-Keresidenan Pekalongan meliputi lima kabupaten dan dua kota di Jateng. Wilayah ini juga memiliki jumlah jembatan terbanyak ketiga di Jawa Tengah.

Total jumlah jembatan di wilayah yang dikelola BPJ Pekalongan mencapai 221 unit, dengan total panjang sekitar 2.737 meter.

4. Pati

Jumlah jembatan di wilayah Pati dan sekitarnya yang masuk dalam pengelolaan BPJ Pati tercatat sebagai yang terbanyak keempat di Jawa Tengah (Jateng).

Jumlah jembatan yang dikelola BPJ Pati meliputi wilayah eks-Keresidenan Pati atau Muria Raya mencapai 208, dengan total panjang sekitar 2.691 meter.

5. Magelang

BPJ Magelang menangani seluruh jembatan yang ada di eks-Keresidenan Kedu yang meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Purworejo, Kebumen, Temanggung, dan Wonosobo.

Jumlah jembatan yang dikelola BPJ Magelang saat ini mencapai 197 unit, dengan total panjang mencapai 2.112 meter.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya