SOLOPOS.COM - Ilustrasi umat Islam. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG – Agama Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah (Jateng). Berikut lima daerah di Jawa Tengah (Jateng) dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak.

Agama Islam merupakan agama paling banyak kedua yang dianut penduduk di seluruh dunia. Dengan jumlah penduduk hingga mencapai 2 miliar, Indonesia menjadi negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Jumlah penduduk beragama Islam di Indonesia sebanyak 241,7 juta jiwa hingga akhir tahun 2022. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah tersebut setara dengan 87,02% dari populasi di tanah air yang mencapai 277,75 juta orang.

Dilansir dari Provinsi Jawa Tengah Dalam Angka Tahun 2023, jumlah penduduk beragama Islam mencapai 35.608.080 penduduk. Berikut 5 daerah di Jawa Tengah dengan jumlah penganut agama Islam terbanyak.

  • Cilacap

Cilacap menjadi kabupaten dengan populasi umat beragama Islam terbanyak di Jawa Tengah. Penduduk Islam di Cilacap sendiri mencapai 1,9 juta penganut.

  • Brebes

Brebes menjadi kabupaten kedua dengan jumlah penganut agama Islam terbesar di Jawa Tengah, dengan jumlah sebanyak 1,89 juta. Dilansir dari jatengprov.go.id, pada April lalu, sebagai wujud perhatian dan kepedulian kepada perkembangan dakwah dan syiar Islam, bertempat di Islamic Center Kabupaten Brebes, Pemerintah Kabupaten Brebes kembali menyerahkan bantuan berupa uang pembinaan kepada 1570 orang pegiat agama. Dalam acara ini, Wakil Bupati Brebes Narjo, SH juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Pegiat Agama atas perjuangan dan dedikasinya dalam mencetak generasi agamis yang berakhlak mulia melalui syiar Islam kepada masyarakat di Brebes.

  • Tegal

Dengan jumlah penduduk beragama Islam yang mencapai 1,81 juta, Kabupaten Tegal menjadi daerah ketiga di Jawa Tengah dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak. Dilansir dari setda.tegalkab.go.id, Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan jika sekarang anak-anak muda lebih tertarik melihat konten-konten kreatif di platform media sosial, sehingga metode dakwah bil IT atau dakwah yang memanfaatkan teknologi ini sangat diperlukan.

  • Banyumas

Penduduk beragama Islam di Banyumas pada tahun 2022, tercatat sebanyak 1,7 juta. Dilansir dari simlitbangdiklat.kemenag.go.id, terdapat komunitas Islam Aboge di Banyumas yang dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yakni Islam “nyantri” dan Islam “nyandi”. Meskipun terdapat perbedaan, keduanya tetap mengakui Islam sebagai agamanya dan meyakini adanya Tuhan Allah, Nabi Muhammad, dan hari akhirat. Di era globalisasi ini, kedua komunitas tersebut telah mengalami perubahan/ pegeseran, tetapi hanya dalam sistem ritual keagamaan, bukan dalam sistem keyakinan.

  • Wonogiri

Wonogiri menjadi daerah kelima dengan jumlah penganut Islam terbanyak di Jawa Tengah. Dilansir dari wonogiri.kemenag.go.id, Kemenag bersama Pemkab Wonogiri menggelar sebuah kegiatan FGD ( Focus Group Discussion ) Pendidikan Agama Islam yang bertemakan “Sinkronisasi dan Kolaborasi Kebijakan Kementerian Agama Dengan Pemerintah Kabupaten WonogiriUntuk Mendorong Guru PAI Dalam Menyiapkan Generasi Yang Berkarakter dan Berkwalitas” pada Februari tahun 2023 lalu. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk mewujudkan sinergitas kebijakan Kemenag bersama Pemkab Wonogiri dalam mewujudkan Guru PAI yang profesional dan berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya