SOLOPOS.COM - Ilustrasi wisatawan di kawasan Kota Lama Semarang. (Solopos.com/Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki berbagai potensi wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Berikut lima daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang menjadi tujuan wisata atau paling banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Jawa Tengah memiliki luas wilayah mencapai 35.548 km persegi atau sekitar 28,94% dari total luas Pulau Jawa. Jateng juga terbagi dalam 35 kabupaten/kota, dengan daerah terluas berada di Cilacap dan terkecil adalah Kota Magelang.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Dari 35 kabupaten/kota itu hampir seluruhnya memiliki potensi atau daya tarik wisata. Meski demikian, dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah itu hanya beberapa di antaranya yang memiliki kunjungan wisatawan cukup tinggi.

Berikut lima daerah di Jawa Tengah yang menjadi daerah tujuan wisata karena kerap dikunjungi wisatawan:

1. Semarang

Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang selama ini dikenal sebagai pusat industri dan perdagangan. Namun, Semarang rupanya tidak hanya dikenal sebagai daerah industri, tapi juga sebagai daerah tujuan wisata di Jawa Tengah.

Bahkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, Semarang menjadi daerah di Jateng dengan jumlah tingkat kunjungan wisatawan tertinggi, yakni mencapai 2,6 juta orang dalam satu tahun.

Salah satu objek wisata yang banyak diminati dan terkenal di Semarang adalah Lawang Sewu. Selain Lawang Sewu, beberapa tempat wisata lain yang juga dapat dikunjungi di Semarang adalah kawasan Kota Lama, Pantai Tirang, Pantai Maron, Gumuk Reco, dan Wana Wisata Penggaron.

2. Klaten

Klaten juga merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Tengah (Jateng). Pada tahun 2021, Klaten bahkan mampu menyerap sekitar 1,6 juta wisatawan.

Dilansir dari klatenkab.go.id, meski kecil, Klaten menyimpan berbagai destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Destinasi wisata itu antara lain Candi Prambanan, Candi Sewu, dan Candi Plaosan.

Bukan hanya itu, wisata Klaten juga mempunyai destinasi alam yang menyegarkan. kamu bisa mengunjungi beberapa umbul atau tempat pemandian dengan mata air murni.

3. Banyumas

Menurut data BPS tahun 2021, Banyumas menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Tengah karena dikunjungi sekitar 1,5 juta wisatawan dalam setahun. Salah satu tempat wisata yang menjadi idola dan wajib di kunjungi saat berada di Kabupaten Banyumas adalah kawasan Baturraden.

4. Kabupaten Tegal

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Tegal memiliki jumlah kunjungan wisatawan mencapai 496.532 orang di tahun 2021. Salah satu objek wisata di Tegal yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Rita Park, yang berada di Jalan Kolonel Sugiono, Tegal Barat.

Selain Rita Park, Kabupaten Tegal juga memiliki wisata air panas Guci, Waduk Cacaban, dan Pantai Alam Indah.

5. Kota Solo

Tidak perlu diragukan lagi, Kota Solo menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Tengah. Selain dikelilingi berbagai daerah yang memiliki destinasi wisata alam, Solo juga terkenal akan wisata kuliner.

Berdasarkan data BPS Jateng tahun 2021, Kota Solo mampu menarik minat 378.000 wisatawan untuk berkunjung. Meski demikian, angka tersebut kemungkinan bertambah dalam dua tahun terakhir menyusul pencabutan pembatasan kegiatan masyarakat seusai pandemi Covid-19 berakhir.

Selain dikenal sebagai surga kuliner, Solo juga memiliki banyak destinasi wisata seperti Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, Museum Radya Pustaka, Museum Batik, Taman Balekambang, hingga Taman Safari Jurug.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya