SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kabupaten Kendal. (Twitter)

Solopos.com, KENDAL — Kendal merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah (Jateng) yang terletak di wilayah pesisir pantai utara. Berbatasan langsung di Kota Semarang, berikut lima kecamatan tersepi atau paling lengang di wilayah Kabupaten Kendal.

Kabupaten Kendal kerap dijuluki sebagai Kota Santri. Hal ini mengacu pada sebuah lagu berjudul Kota Santri yang populer dinyanyikan grup musik kasidah asal Kota Semarang, Nasida Ria, pada tahun 1980-an.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Pencipta lagu Kota Santri itu rupanya seorang warga Kaliwungu, Kendal, bernama H Suhaemi. Sejak saat itulah Kendal kerap dijuluki sebagai Kota Santri, meski dari jumlah santrinya kalah jauh dibandingkan daerah lain di Jateng, seperti Kabupaten Magelang maupun Kabupaten Semarang.

Memiliki luas wilayah sekitar 1.118,13 km persegi, Kendal terbagi dalam 20 kecamatan. Dari jumlah sebanyak itu, kecamatan terlengang atau tersepi di Kendal berada di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Temanggung, yakni Kecamatan Singorojo.

Singorojo merupakan kecamatan di Kendal yang secara geografis berada di dataran tinggi dengan sebagian besar wilayahnya merupakan area tegalan dan perkebunan.

Selain Singorojo, ada beberapa kecamatan lain di Kendal yang juga layak menyandang predikat paling lengang berdasarkan kepadatan penduduknya.

Berikut lima kecamatan tersepi di Kabupaten Kendal:

1. Singorojo

Singorojo merupakan kecamatan yang terletak di sebelah selatan Kendal dan berbatasan langsung dengan Temanggung. Selain merupakan kecamatan tersepi atau terlengang, Singorojo juga menyandang predikat sebagai kecamatan terluas di Kabupaten Kendal.

Luas wilayah Singorojo mencapai 119,32 km persegi atau dua kali lebih besar dari Kota Solo. Dengan luas wilayah sebesar itu dan jumlah penduduk sekitar 53.192 jiwa, Singorojo pun menjadi kecamatan paling lengang di Kendal karena memiliki tingkat kepadatan penduduk sekitar 446 jiwa per km persegi.

2. Limbangan

Sama halnya seperti Singorojo, Limbangan juga terletak di bagian selatan Kabupaten Kendal dan berbatasan dengan Temanggung. Limbangan sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan hutan milik negara.

Limbangan memiliki luas wilayah sekitar 71,72 km persegi, dengan jumlah penduduk mencapai 35.160 jiwa. Dengan demikian, kepadatan penduduk di Limbangan berkisar 490 jiwa per km persegi dan menjadikannya sebagai kecamatan tersepi atau paling lengang kedua di Kendal.

3. Patean

Patean juga merupakan kecamatan di Kendal yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung di sisi selatan. Patean merupakan kecamatan terluas kedua di Kendal dengan luas wilayah mencapai 92,44 km persegi.

Patean juga masuk daftar kecamatan tersepi di Kendal dengan jumlaah penduduk mencapai 52.438 jiwa dan kepadatan penduduk sekitar 564 jiwa per km persegi.

4. Plantungan

Plantungan juga merupakan kecamatan yang berada di sisi selatan Kabupaten Kendal. Memiliki luas wilayah 48,82 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 32.794 jiwa, Plantungan masuk dalam daftar kecamatan tersepi di Kendal.

Kepadatan penduduk di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang ini sekitar 672 jiwa per km persegi.

5. Pageruyung

Pageruyung memiliki luas sekitar 51,43 km persegi dengan jumlah penduduk mencapai 35.899 jiwa. Pageruyung menjadi kecamatan tersepi di Kendal dengan tingkat kepadatan penduduk sekitar 698 jiwa per km persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya