SOLOPOS.COM - Ilustrasi nasi lengko khas Tegal. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, TEGAL — Tegal merupakan nama daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Selain terkenal dengan beragam destinasi wisata, Tegal juga dikenal dengan aneka kuliner legendaris yang khas.

Tegal merupakan wilayah Jateng yang terletak di kawasan pesisir pantai utara (pantura). Tegal juga kerap disebut-sebut sebagai kota kuliner menyusul banyaknyaa sentra kuliner yang ada di wilayah tersebut.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Menjadi surga kuliner bagi sebagian kalangan, Tegal pun memiliki aneka makanan yang khas dan cukup legendaris. Berikut lima kuliner khas Tegal yang cukup legendaris:

1. Glotak

Glotak merupakan kuliner legendaris khas Tegal. Banyak orang yang mungkin belum mengetahui makanan ini. Glotak adalah makanan berbahan utama gembus, yaitu semacam oncom yang dimasak bersama beragam bumbu untuk menciptakan cita rasa lezat.

Dilansir dari id.wikipedia.org, sebutan glotak berasal dari suara “glotak-glotak” saat proses memasak. Glotak biasanya ditambahkan dengan kaldu yang berasal dari rebusan tulang ayam atau sapi agar lebih sedap. Dapat pula ditambahkan irisan cabai agar cita rasanya semakin kaya.

2. Nasi Lengko

Nasi Lengko atau Sego Lengko juga merupakan kuliner legendaris khas Tegal. Sego Lengko merupakan nasi yang ditaburi bumbu kacang yang kental lengkap dengan irisan tahu goreng dan sayur-mayur seperti sawi, tauge, dan mentimun.

Keunikan sega lengko di Tegal yang menjadi pembeda dengan daerah lain adalah taburan kerupuk mi di atasnya, serta bumbu kacang yang sangatlah khas karena lebih kental dan sedikit memiliki rasa manis serta pedas.

3. Nasi Ponggol

Selain nasi lengko ada juga kuliner seputar nasi di Tegal, yakni Nasi Ponggol. Nasi ini berisi lauk yang terdiri dari tahu, tempe, ikan asin, dan oreg tempe tumis. Orang biasa menyebutnya Nasi Ponggol “Setan” karena dijual malam setelah jam 6 malam sampai pagi hari dan rasanya yang pedas hingga bisa bikin orang seperti kesetanan.

4. Olos

Olos merupakan camilan khas Tegal yang berbentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu, dengan tampilan mirip cimol. Dulunya, salah satu kuliner legendaris khas Tegal ini hanya berisi sayur-sayuran dan cabai, tetapi sekarang olos ada dengan beragam isian, mulai dari ayam, sosis, serta keju.

Adonan olos yang sudah digoreng matang kemudian disajikan dengan beraneka rasa bumbu bubuk untuk menambah cita rasanya.

5. Kupat Glabed

Salah satu makanan khas Tegal yang tak boleh dilewatkan ialah Kupat Glabed. Selain namanya unik, makanan ini hanya bisa ditemui di Tegal.

Seporsi kupat glabed berisi potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal, serta kerupuk mie kuning dan siraman kuah santan kental di atasnya.

Biasanya, kupat glabed juga akan disajikan dengan telur rebus, daging ayam atau aneka ragam sate seperti sate ayam, sate kikil, atau sate kerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya