SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stadion Manahan di Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Jawa Tengah (Jateng) memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap, salah satunya adalah stadion. Bahkan, hampir di setiap kabupaten atau kota di Jateng memiliki stadion. Lantas di daerah manakah stadion terbesar di Jawa Tengah (Jateng).

Stadion saat ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menggelar pertandingan sepak bola. Fungsi stadion juga kerap digunakan untuk menyelenggarakan berbagai event seperti konser musik hingga kampanye politik.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Nah, di Jateng hampir semua daerah memiliki stadion. Meski pun besar atau kapasitas stadion di tiap daerah tersebut berbeda-beda.

Berikut lima stadion terbesar di Jawa Tengah (Jateng) yang dikutip Solopos.com dari akun Facebook Berita PSIS Semarang:

1. Stadion Manahan Solo

Stadion Gelora Manahan atau yang juga dikenal sebagai Stadion Manahan Solo selama ini dikenal sebagai home base atau markas tim Liga 1, Persis Solo. Stadion yang terletak di Jalan Adisucipto Nomor 1 Manahan, Solo, ini disebut-sebut sebagai stadion terbesar di Jawa Tengah.

Predikat itu bukanlah omong kosong mengingat sederet fasilitas yang dimiliki Stadion Manahan Solo. Stadion ini memiliki rumput bermuda yang diimpor dari luar negeri. Selain itu, di pinggir stadion juga terdapat lintasan atletik dan lompat jauh.

Namun yang terpenting stadion ini mampu menampung puluhan ribu penonton. Kapasitas penonton di Stadion Manahan Solo ini bahkan menjadi yang terbesar di Jateng, yakni 25.000 orang.

2. Stadion Jatidiri

Stadion Jatidiri terletak di Jalan Karangrejo Tengah, Karangrejo, Gajahmungkur, Kota Semarang. Stadion milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng ini kerap digunakan sebagai markas klub Liga 1, PSIS Semarang.

Stadion ini dibangun pada tahun 1991. Meski demikian, salah satu stadion terbesar di Jawa Tengah (Jateng) ini mengalami beberapa kali renovasi, salah satunya pada tahun 2016-2022.

Seusai renovasi itu, Stadion Jatidiri pun tampil lebih megah dengan berbagai fasilitas yang sesuai dengan standar internasional.

3. Stadion Moch Soebroto

Kota Magelang memang tidak memiliki klub yang berlaga di kancah Liga 1, yakni kompetisi sepak bola tertinggi di Tanah Air. Meski demikian, Magelang rupanya memiliki stadion yang menjadi salah satu yang terbesar di Jateng.

Stadion itu tak lain adalah Stadion Moch Soebroto yang berada di Sanden, Kramat Utara, Magelang Utara. Stadion Moch Soebroto ini bahkan kerap digunakan tim-tim yang berlaga di Liga 1, seperti PSIS Semarang yang menjadikannya home base saat Stadion Jatidiri masih dalam renovasi.

Kapasitas penonton di Stadion Moch Soebroto Magelang juga terbilang besar, yakni 20.000 orang.

4. Stadion Bumi Kartini

Stadion Bumi Kartini pernah mengalami masa-masa keemasan saat Persijap Jepara tampil di kasta tertinggi persepakbolaan Tanah Air. Stadion ini dibangun pada tahun 2008 silam dengan menghabiskan anggaran mencapai Rp12 miliar.

Di stadion ini terdapat simbol kejayaan Kerajaan Kalinyamat di bidang maritim yang dilambangkan dengan atap tribun utama yang berbentuk kapal.

5. Stadion Hoegeng

Stadion Hoegeng atau yang dulu bernama Stadion Kota Batik di Pekalongan merupakan salah satu stadion terbesar di Jawa Tengah (Jateng). Stadion ini memiliki kapasitas penonton sekitar 20.000 orang. Stadion ini juga menjadi kandang Persip Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya