SOLOPOS.COM - Pantai Marina yang berada di Semarang. (djkn.kemenkeu.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Setelah puas menikmati wisata bersejarah di Jawa Tengah (Jateng), pantai adalah tujuan yang sesuai untuk bermain dan bersantai dengan keluarga, saudara, atau teman saat berlibur. Bermain pasir, berenang, dan puncaknya menikmati matahari terbenam adalah hal yang menyenangkan.

Selain wisata sejarahnya yang menambah pengetahuan, Jateng juga memiliki banyak wisata pantai yang tersebar di berbagai daerah. Berikut beberapa rekomendasi pantai di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi wisatawan:

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

1. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan merupakan salah satu pantai yang ada di Jepara. Letaknya sekitar 7 km sebelah utara dari pusat kota Jepara. Pantai ini juga tak jauh dari Semarang, dan akses menuju Pantai Bandengan dari Semarang juga relatif mudah. Pantai Bandengan ini juga menjadi wisata unggulan di Jepara. Menyediakan fasilitas umum berupa toilet, gazebo, dan warung makan. Kebersihan pantai ini begitu terjaga dan membuat wisatawan akan betah di sana.

2. Pantai Nampu

Pantai ini terletak di Wonogiri, lebih tepatnya di Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Hamparan pasir putih ditambah batu-batu karang di bibir pantai, ditambah suara ombak yang memecah karang menambah suasana yang menenangkan di pantai ini. Akses menuju pantai ini juga cukup mudah meskipun tempatnya terpencil.

3. Pantai Marina

pantai menganti
Pantai Menganti di Kebumen. (djkn.kemenkeu.go.id)

Pantai ini berada di Semarang dan menjadi salah satu pantai populer disana. Akses menuju pantai juga sangat mudah karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Pantai ini bisa dijadikan sebagai pilihan destinasi bagi keluarga, sahabat, atau orang terkasih. Suasana di pantai ini juga menyejukkan karena banyak pepohonan.

4. Pantai Menganti

Salah satu pantai cantik di Kebumen ini tentu jangan sampai dilewatkan oleh wisatawan. Terletak di Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, pantai ini menyajikan suasana pantai ala Selandia Baru, di mana letak pantainya yang cukup terpencil dan di kelilingi bukit hijau yang menyegarkan, membuat pantai ini harus menjadi daftar tujuan wisata pantai bagi wisatawan. Saat mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk menikmati santapan lauk yang masih segar dari hasil tangkapan nelayan setempat.

5. Pantai Karang Pandan

Pantai ini terletak di Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Pantai yang memiliki pasir putih di sisi timur pulau ini jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan. Tetapi keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah bisa leluasa menikmati keindahannya.

6. Pantai Morosari

Salah satu pantai yang terkenal di Demak adalah Pantai Morosari yang terletak Jalan Semarang-Demak Km.9, Morosari, Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Pantai ini menyajikan pemandangan yang begitu indah, sehingga tidak mengherankan jika pantai ini menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Demak. Selain pantai, hutan mangrove di seberang pulau juga bisa dikunjungi. Selain itu akses menuju pantai ini juga mudah.

7. Pantai Karang Jahe

Di sepanjang Pantai Karang Jahe ini, wisatawan dapat menikmati paduan hamparan pasir putih dengan pohon cemara yang membuat suasana menjadi begitu menenangkan. Panorama yang menawan begitu lengkap, dari pemandangan pantai yang menakjubkan hingga pemandangan bawah laut yang begitu menawan. Disini cocok sekali untuk diving dan snorkeling. Lokasinya berada di Jalan Pantai Karang Jahe, Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya