SOLOPOS.COM - Peserta berkostum tema Lotus mengikuti parade Semarang Night Carnival 2023 bertajuk The Luxury di Kawasan Cagar Budaya Nasional Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/5/2023). Parade festival kesenian dan budaya ke-12 yang digelar Pemkot Semarang berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam rangkaian perayaan HUT ke-476 Kota Semarang itu menampilkan berbagai kostum bertema Keris, Lotus, Chandelier, dan Kipas yang mengangkat tentang kemewahan, keindahan, kenyamanan, serta perpaduan akulturasi budaya yang ada di Kota Semarang. ANTARA FOTO/Aji Styawan/rwa.

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng), telah menyiapkan berbagai event menarik sepanjang tahun 2024, yang terangkum dalam Calender of Events 2024. Kendati demikian, events ini pun harus digelar dengan sedikit pembatasan menyusul tahun 2024 bertepatan dengan sederet agenda politik, baik Pilpres, Pileg, hingga Pilkada.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso, mengatakan tidak ada yang terlalu berbeda antara event yang digelar pada tahun 2023 dengan 2024. Namun, karena tahun 2024 bertepatan dengan tahun politik, maka pelaksanaannya harus sedikit dibatasi.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Prinsipnya tidak banyak berbeda, tapi akan sedikit kita batasi karena tahun politik,” katanya kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Ia menjelaskan, meski dibatasi kualitas penyelenggaraan event lebih ditingkatkan dan go international seperti Festival Kota Lama yang bakal digelar dengan menggandeng Sister City.

“Termasuk adan rencana gelaran konser besar yang menghadirkan artis luar negeri. Tapi kami masih menunggu kepastian dari promotor,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menambahkan, peluncuran Calendar of Events 2024 ini sebagai pemberitahuan kepada masyarakat sekaligus wisatawan agar berkunjung ke Kota Lumpia. Selain itu, Calendar of Events 2024 juga diharapkan menarik minat stakeholder, sponsor, maupun partisipan untuk mempersiapkan diri.

“Semua event unggulan! Ada Festival Bunga, Semarang Night Carnival (SNC), Dugderan, dan Festival Kota Lama. Kami berharap kalender events ini bisa menjadi magnet bagi masyarakat,” imbuh perempuan yang karib disapa Ita.

Kemudian ada event Nyadran Kali Kandri, Pasar Imlek Semawis, Dugderan, Festival Kreo, Semarang Night Carnival, Jateng Fair, Haul Ki Agung Pandanaran, Festival Cheng Ho, Semarang Flowers Festival, Festival Kota Lama, Semarang Agro Expo, Pertunjukan Hari Wayang, dan Semarang 10K.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya