SOLOPOS.COM - Masjid Sheikh Zayed Solo mengatur tata cara beriktikaf pada 10 hari terakhir Ramadan. (Solopos.com/Dok)

Solopos.com, SEMARANG – Momen libur Lebaran menjadi saat yang pas bagi banyak orang untuk berlibur ke sejumlah destinasi atau tempat wisata (DTW). Berikut, deretan tempat wisata di Jawa Tengah (Jateng) yang bakal ramai dikunjungi wisatawan saat musim libur Lebaran 2023 nanti.

Berdasarkan data 10 besar pengunjung terbanyak destinasi wisata di 35 kabupaten/kota yang diterima Solopos.com, wisata yang berpotensi ramai dikunjungi ada di Taman Wisata Air Panas Guci Tegal, Lawang Sewu dan Kota Lama Semarang, Pantai Badengan Jepara, Lokawisata Baturaden Banyumas, Owabong dan Sigandul View Purbalingga, Candi Borobudur, Candi Mendut dan Pawon Bukit Rema Putut Setumbu Magelang, dan terakhir di Taman Balekembang, Masjid Al Zayed dan Solo Zoo Surakarta.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Sedangkan untuk puncak kunjunganya, diprakirakan terjadi antara tanggal 23 April hingga 29 April 2023.

“Wisata favorit daerah setempat, pas libur Lebaran pasti bakal banyak dikunjungi. Misal Guci, Baturaden, Dieng, Tawangmangu, Borobudur, Semawis, dan lainya. Terus wisata religi, karena suasananya masih Lebaran, jadi bakal ramai juga, seperti di Demak dan Kudus,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disporapar Jateng, Setyo Irawan, kepada Solopos.com, Kamis (13/4/2023).

Tak hanya destinasi favorit dan religi, imbuh Irawan, tempat wisata yang Instagrameble atau menyuguhkan spot foto menarik juga bakal ramai dikunjungi. Kemudian, tempat-tempat kuliner legendaris di tiap daerah juga bakal ramai didatangi wisatawan.

“Itu [Instagrameble], disukai anak-anak muda, bagus untuk foto-foto, selfie. Apalagi yang masih viral, seperti di Solo, ada Masjid Zayed dan Solo Zoo, terus Klaten yang kereta gantung itu [Girpasang],” imbuhnya.

Terkait antisipasi kejadian tak diinginkan, Setyo mengaku telah mengintruksikan jajaranya di tiap kabupaten/kota untuk mengecek kesiapan tempat wisata. Baik dari segi sarana, prasarana, hingga standar operasional kerja atau SOP.

“Kita sudah lakukan sosualisasi, imbauan, termasuk pengecekan izin operasional dan alat di tempat wisata. Kita optimistis kunjungan wisata tahun ini bisa 11.681.546 wisatawan,” akunya.

Sementara itu, Isna Lestidi, 28 , mengaku di Lebaran 2023 ini cukup tertarik untuk mengunjungi Mashid Zayed Solo. Namun, mengingat tempat tersebut masih viral dan bakal ramai dikunjungi, ia mengurungkan niatnya.

“Sebenarnya tertarik melihat Masjid Zayed Solo. Tapi pasti ramai banget, karena masih viral kan? Jadi mungkin libur Lebaran kali ini, jalan-jalan nyari wisata daerah Wonosobo,” pungkas Isna.

Sekadar informasi, Jawa Tengah memiliki 1.235 daya tarik wisata yang terdiri dari destinasi alam 607, destinasi buatan 456, dan destinasi budaya 172. Pada momen Idulfitri 1444 Hijjriyah ini, seluruh objek wisata dipastikan dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya