SOLOPOS.COM - Suasana malam hari Stadion Jatidiri Semarang saat uji coba lampu stadion tersebut di Karangrejo, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (10/2/2022). (Solopos.com - Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SEMARANG — Suka bermain sepak bola? Di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), ada empat lapangan sepak bola yang disebut-sebut memiliki sarana dan prasarana terbaik. Keempat lapangan sepak bola ini pun tersebar di berbagai wilayah di Kota Semarang.

Bahkan, keempat lapangan ini turut direkomendasikan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, sebagai lapangan sepak bola terbaik di wilayahnya. Hendi, sapaan karib wali kota, merekomendasikan keempat lapangan sepak bola ini melalui akun Instagram pribadinya di @hendrarprihadi.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Dalam unggahannya itu, Hendi menyebut keempat lapangan sepak bola itu sudah dilengkapi dengan rumput sintetis standar Badan Organisasi Sepak Bola Dunia atau FIFA.

Baca juga: Pamer Kinerja Wali Kota Hendrar Prihadi Dibantah Netizen

Berikut empat lapangan sepak bola terbaik di Kota Semarang:

1. Lapangan Prof Dirham Unnes

lapangan sepak bola semarang
Lapangan Prof Dirham Unnes. (Youtube Unnes TV)

Lapangan ini berada di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), tepatnya di Laboratorium Sepak Bola dan Atletik Prof Dirham, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes.

Meski demikian, lapangan ini bisa dimanfaatkan masyarakat umum dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Lapangan ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik karena dilengkapi dengan rumput sintetis standar FIFA.

2. Lapangan Stadion Citarum

lapangan sepak bola semarang
Pemain PSIS Semarang menjalani latihan di Stadion Citarum, Kota Semarang, Senin (21/9/2020). (Semarangpos.com-MO PSIS Semarang)

Stadion Citarum merupakan markas klub kebanggaan warga Kota Semarang, PSIS Semarang. Stadion ini kali pertama digunakan pada Februari 1985 dan telah mengalami renovasi pada 2019 lalu.

Setelah direnovasi, lapangan sepak bola Stadion Citarum pun menjadi yang pertama menggunakan rumput sintetis bersandar FIFA. Lapangan Stadion Citarum saat ini kerap digunakan berlatih PSIS Semarang. Meski demikian, masyarakat umum juga bisa memanfaatkan lapangan sepak bola stadion yang berada di kawasan Bugangan, Kecamatan Semarang timur itu.

3. Lapangan Stadion Jatidiri

lapangan sepak bola semarang
Foto udara perawatan rumput jenis zoysia japonica dari Italia di Stadion Jatidiri Semarang, Karangrejo, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/1/2022). (Solopos.com – Antara/Aji Styawan)

Stadion Jatidiri merupakan salah satu stadion terbesar di Jawa Tengah (Jateng) dan Kota Semarang. Mengalami renovasi sejak 2016, stadion berkapasitas 25.000 orang ini pun sudah bisa digunakan.

Renovasi Stadion Jatidiri tidak hanya meliputi sarana dan prasarana stadion seperti tribune, ruang ganti pemain, dan lain-lain. Renovasi juga mencakup lapangan yang diganti dengan rumput sintetis berstandar FIFA.

Lapangan Stadion Jatidiri yang dikelola Pemprov Jateng ini pun bisa digunakan masyarakat umum.

4. Lapangan SSB Terang Bangsa

lapangan sepak bola semarang
Lapangan Terang Bangsa. (Youtube PSIS Official)

Lapangan Terang Bangsa berada di Jalan Grand Marina, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat. Lapangan ini disebut sebagai lapangan sekolah sepak bola (SSB) terbaik di Jateng saat ini.

Lapangan ini juga pernah digunakan Timnas Indonesia U-19 berlatih. Lapangan ini juga banyak melahirkan pemain sepak bola hebat seperti Pratama Arhan yang kini bermain untuk Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya