SOLOPOS.COM - Rempeyek Yutuk Cilacap. (Istimewa/Shopee)

Solopos.com, CILACAP — Kabupaten Cilacap memiliki banyak objek wisata yang layak dikunjungi para pelancong. Tak hanya wisata, kuliner di daerah ini juga wajib dicicipi para wisatawan.

So, bagi Anda yang berkunjung di Cilacap jangan lupa membeli oleh-oleh khas daerah ini yang bisa dibagi-bagikan kepada sanak saudara di kampung.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima oleh-oleh Khas Cilacap yang wajib Anda beli:

1. Kerupuk Tengiri

Sesuai dengan namanya, camilan yang satu ini terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Camilan khas Cilacap ini memiliki tekstur renyah dengan rasa yang gurih bercampur aroma ikan tengiri yang khas.

Rasanya sangat gurih seperti kerupuk sehingga cocok juga jika dijadikan lauk bersama nasi. Hal tersebut dikarenakan rasa ikan tenggiri sangat mendominasi.
Satu bungkus kerupuk tengiri dibanderol dengan kisaran harga Rp10.000 sampai Rp20.000 per bungkus.

2. Sale Pisang

Pisang dikenal sebagai buah yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya, yaitu sale pisang.

Ya, olahan pisang yang tipis dan manis ini sering diminati banyak orang. Sudah pasti, sale pisang khas Cilacap ini wajib Anda beli untuk oleh-oleh.

Produksi sale pisang sendiri melalui proses pengeringan dan pengasapan aman dibawa perjalanan karena memiliki masa kadaluarsa cukup lama. Harganya pun terjangkau, yaitu seharga Rp8.500 per bungkusnya.

3. Gembus

Selanjutnya ada roti yang memiliki bentuk menyerupai donat putih, tetapi rasanya jauh lebih gurih dan nikmat. Roti ini berbahan dasar singkong sehingga memiliki tekstur kenyal dan ada renyahnya.

Gembus cocok dijadikan camilan untuk keluarga di rumah. Anda juga dapat menikmatinya dengan saus sambal atau bumbu pecel.

Yang ingin ada manis-manisnya, tersedia pula berbagai varian rasa seperti cokelat, keju, dan durian. Harganya sangat murah, mulai Rp1.000 saja.

4. Rempeyek Yutuk

Sekilas memang terlihat seperti rempeyek pada umumnya. Namun, rempeyek khas Cilacap ini memiliki isian hewan yang berasal dari pesisir pantai Cilacap.

Namanya Yutuk, bentuknya mirip undur-undur tapi ukurannya lebih besar dan jika dimasak berwarna merah seperti kepiting. Rempeyek Yutuk memiliki rasa gurih yang lezat dan nikmat serta tekstur lebih renyah.

Rempeyek Yutuk cocok juga dijadikan camilan atau teman makan nasi. Satu bungkus rempeyek Yutuk dibanderol sekitar Rp2.000.

5. Stik Sukun

Sukun merupakan buah yang kandungan kalium tinggi dan sering dimanfaatkan untuk menjaga tekanan darah. Oleh karena itu, selain bisa dinikmati di lidah, mengkonsumsi olahan sukun juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara tidak langsung.

Stik sukun memiliki rasa manis, gurih dengan tekstur yang renyah. Untuk menjaganya tetap renyah, stik sukun dikemas cukup rapat pada kemasan yang tebal pula. Harga sebungkusnya berkisar mulai dari Rp15.000 saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya