SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kabupaten Semarang. (Facebook)

Solopos.com, UNGARAN — Kabupaten Semarang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Terdiri dari 19 kecamatan, berikut kecamatan terlengang atau tersepi di Kabupaten Semarang.

Kabupaten Semarang kali pertama didirikan oleh Raden Kaji Kasepuhan atau yang juga dikenal sebagai Ki Pandan Arang II pada 2 Mei 1957. Dulunya, Kota Semarang merupakan bagian dari Kabupaten Semarang sebelum Pemerintah Hindia Belanda membentuk Kotapraja atau gemente pada 1906.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Dibentuknya gemente ini membuat pemerintahan Kabupaten Semarang dengan Kota Semarang menjadi terpisah. Kota Semarang dipimpin burgenmester atau saat ini wali kota, sedangkan Kabupaten Semarang dipimpin bupati.

Sedangkan secara luas, Kabupaten Semarang memiliki luas wilayah lebih besar dibandingkan Kota Semarang. Luas wilayah Kabupaten Semarang mencapai 1.019,27 km atau tiga kalinya, Kota Semarang.

Kabupaten Semarang terbagi dalam 19 kecamatan dengan jumlah penduduk mencapai 1.068.492 jiwa. Sedangkan kecamatan terluas berada di Pringapus dengan luas mencapai 84,27 km dan kecamatan tersempit ada di wilayah Ambarawa dengan luas mencapai 29,79 km.

Sementara itu, dari 19 kecamatan di Kabupaten Semarang beberapa di antaranya menjadi kecamatan yang paling lengang atau tersepi. Hal ini dikarenakan kepadatan penduduk di wilayah tersebut tergolong lebih kecil dibandingkan kecamatan lainnya.

Berikut lima kecamatan tersepi atau paling lengang di Kabupaten Semarang:

1. Bancak

Bancak merupakan kecamatan di Kabupaten Semarang yang terletak di bagian paling ujung sebelah timur. Kecamatan Bancak berbatasan langsung dengan Kabupaten Boyolali dan Grobogan.

Bancak juga menjadi kecamatan tersepi atau paling lengang di Kabupaten Semarang. Tingkat kepadatan penduduk di Kecamatan Bancak berkisar 539 jiwa per km persegi.

2. Sumowono

Sama halnya dengan Bancak, Sumowono juga menjadi kecamatan di Kabupaten Semarang yang berbatasan langsung dengan kabupaten lain. Kecamatan Sumowono berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung di sisi barat dan Kabupaten Kendal di sisi utara.

Sumowono menjadi kecamatan tersepi atau paling lengang kedua di Kabupaten Semarang. Kepadatan penduduk di wilayah ini adalah 587 jiwa per km persegi.

3. Pringapus

Pringapus bukan hanya menyandang predikat sebagai kecamatan terluas di Kabupaten Semarang. Pringapus juga layak masuk dalam jajaran kecamatan terlengang atau tersepi di Kabupaten Semarang.

Dengan luas wilayah mencapai 84,27 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 34.537 jiwa, Pringapus memiliki tingkat kepadatan penduduk sekitar 686 jiwa per km persegi.

4. Bringin

Bringin merupakan kecamatan di Kabupaten Semarang yang memiliki sejumlah peninggalan sejarah. Di kecamatan ini bahkan terdapat stasiun kereta api yang dibangun pada zaman kolonial, yang sayangnya sudah terbengkalai.

Bringin berjarak sekitar 25 kilometer (km) di pusat pemerintahan Kabupaten Semarang. Bringin menempati urutan keempat sebagai kecamatan tersepi di Kabupaten Semarang dengan tingkat kepadatan penduduk sekitar 691 jiwa per km persegi.

5. Getasan

Kecamatan tersepi lainnya di Kabupaten Semarang terletak di lereng Gunung Merbabu. Kecamatan itu tak lain adalah Getasan dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 786 jiwa per km persegi.

Meski masuk dalam daftar kecamatan tersepi, Getasan dikenal dengan berbagai potensi wisata alam yang ada di lereng Gunung Merbabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya