SOLOPOS.COM - ilustrasi Lumpia Semarang (Foto: mrlumpiasemarang.com)

Solopos.com, SEMARANG — Berkunjung ke Kota Semarang tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner atau penganan khas Ibu Kota Jawa Tengah tersebut, yakni lumpia. Di Kota Semarang ada banyak tempat yang menjual lumpia, namun hanya beberapa di antaranya yang dianggap mematok harga murah dan rasanya enak.

Lumpia sebenarnya merupakan jajanan tradisional dari Tionghoa. Namun, setelah mengalami perpaduan kuliner dengan Jawa dan Tiongkok, lumpia lebih dikenal sebagai penganan khas Kota Semarang.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Makanan ini terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus. Sedangkan isiannya berisi rajangan rebung, telur, sayur segar, daging, atau makanan laut.

Dirangkum dari berbagai sumber, lumpia atau yang juga kerap disebut lunpia ini kali pertama muncul di Kota Semarang pada abad ke-19. Makanan ini kali pertama diperkenalkan seorang warga Tionghoa bernama Tjoa Thay Joe yang memutuskan pindah dan membuka usaha makanan khas China di Kota Semarang.

Awalnya, lumpia yang dijual Tjoa Thay Joe berisi daging babi dan irisan rebut. Namun, setelah dirinya bertemu Mbak Wasih, seorang penduduk asli Jawa, yang juga menjual makanan serupa dengan rasa lebih manis dan berisi kentang dan udang, ia pun mengubah makanan olahannya itu.

Baca juga: Bule Ini Jajal Lumpia Semarang, Responsnya di Luar Dugaan

Terlebih lagi setelah keduanya menikah dan membuat lumpia yang disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia, yang disii dengan daging ayam atau udang dengan campuran irisan rebung.

Nah, di Kota Semarang ada banyak tempat yang menjual lumpia. Meski demikian, hanya beberapa tempat yang dikenal menjajakan lumpia dengan rasa yang legendaris atau enak, serta harga yang murah.

Berikut 6 tempat yang menjual lumpia dengan harga murah dan enak di Kota Semarang:

1. Lunpia Express

Outlet Lumpia Express berada di Jalan Gajahmada No. 142, Gabahan, Kota Semarang. Gerai penjualan lumpia ini buka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Lumpia di tempat ini dijual dengan dua varian, yakni basah dan goreng. Sementara isiannya tersedia rebung, telur, kepiting hingga mie dengan citarasa pedas. Lumpia di tempat ini dikenal cukup enak dan dibanderol dengan harga murah, mulai dari Rp7.000-Rp18.000.

2. Lumpia Pak Sastro

Lumpia dengan brand Pak Sastro ini bisa dijumpai di Jalan Pamularis Raya, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang.

Outlet lumpia di Pak Sastro buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Selain enak, lumpia di tempat inipun dikenal murah di Kota Semarang, yakni dihargai mulai Rp9.000.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh di Semarang, Mau Bandeng atau Lumpia?

3. Lumpia Amoy

Lumpia Amoy berada di Gang Jagalan Banteng No. 95A, Jagalan, Kota Semarang. Lumpia Amoy sudah cukup ngehits dan terkenal di Kota Semarang.

Lumpia di sini juga dikenal sebagai yang enak dan murah dengan harga mulai dari Rp12.000 per buahnya.

4. Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok sudah sangat terkenal di Kota Semarang. Bahkan, lumpia di tempat ini disebut-sebut sebagai salah satu kuliner legendaris di Kota Semarang yang mempertahankan citarasa aslinya.

Bahkan, saking terkenalnya tak jarang pembeli yang ingin mendapatkan lumpia dari Gang Lombok ini harus rela antre. Outlet Lumpia Gang Lombok berada di Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kota Semarang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB, lumpia di tempat ini dibanderol dengan harga Rp17.000 per buah.

Baca juga: Gudeg Koyor Mbak Tum, Kuliner Legendaris di Semarang Langganan Pejabat

5. Lumpia Mbak Lien

Lumpia Mbak Lien disebut sebagai salah satu lumpia paling enak dan terlaris di Kota Semarang. Gerainya berada di Jalan Pemuda No. 1, Gang Grajen, Pandansari, Kota Semarang. Lumpia di tempat ini dijual mulai dari harga Rp15.000 hingga Rp23.000 per buah.



6. Lumpia Cik Me Me

Lumpia Cik Me Me berada di Jalan Gajahmada Nomor 107, Kota Semarang. Di sini, pembeli bisa mencicipi lumpia varian basah atau goreng dengan isian seperti jamur, kepiting, ikan kakap, hingga daging kambing. Lumpia di tempat ini dijual dengan harga mulai Rp12.000 hingga Rp24.000.

Nah, itu enam tempat yang direkomendasikan membeli lumpia dengan harga murah dan enak. Jika dibandingkan dengan lumpia yang dijual di sejumlah tempat di Yogyakarta, seperti lumpia depan Hotel Mutiara, Malioboro, yang cukup terkenal, lumpia Semarang harganya memang jauh lebih mahal.

Meski demikian, banyak yang menganggap hal itu wajar mengingat isian lumpia Semarang yang berasal dari irisan rebung, daging, dan lain-lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya