SOLOPOS.COM - Eksotisme Curug Lawe Secepit di Kendal. (Istimewa/Instagram @wawabepe)

Solopos.com KENDALCurug Lawe Secepit menjadi salah satu destinasi eksotis di Kabupaten Kendal. Lantaran berada di dataran tinggi, curug ini kerap diselimuti kabut yang memberikan kesan nuansa magis nan romantis.

Pesona alam di sekitarnya yang tak kalah menarik turut menambah eksotisme curug ini. Dilingkari berbagai tumbuhan, mulai dari hutan pinus yang gagah menjulang tinggi hingga tanaman perdu yang menghiasi membuat lingkungan sekitar menjadi terlihat hijau nan asri.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Dikutip dari akun Instagram @curuglawesecepit pada Kamis (3/8/2023), Penamaan Curug Lawe Secepit berasal dari orang-orang terdahulu.

Kata lawe yang berasal dari kata selawe atau 25 dipilih karena diperkirakan ketinggian curug ini sekira 25 meter. Namun ada juga yang mengatakan kata lawe berasal dari kata ngawe-awe yang berarti melambai. Sementara secepit diambil dari nama kampung di sini sebelum berganti nama menjadi Gunungsari.

Selain panoramanya yang mengagumkan, curug ini ternyata menyimpan cerita rakyat yang melekat pada tempat ini. Seperti yang dilansir oleh laman website jadesta.kemenparekraf.go.id, curug ini konon menjadi tempat pemandian kuda dan tali jaran sembrani.

Tak hanya itu, keajaiban alam yang ada di Curug Lawe Secepit juga menyimpan misteri. Salah satunya adalah batu vermin yang terdapat di sekitar curug. Uniknya, meskipun terkena guyuran air dari curug yang deras, batu cermin ini tidak pernah basah.

Curug Lawe Secepit merupakan perpaduan harmonis antara keindahan alam yang menakjubkan dengan cerita rakyat yang kaya akan mitos dan misteri. Dengan pesona dan daya tariknya yang unik, tidak mengherankan bahwa Curug Lawe Secepit menjadi destinasi tempat wisata yang populer.

Curug Lawe Secepit yang berlokasi di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Curug ini memiliki ketinggian sekira 20 meter dan terletak di kawasan lereng Gunung Ungaran.

Guna sampai di lokasi ini, pengunjung membuthkan waktu tempuh sekira 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh sekira 37 kilometer. Beragam kegiatan menarik bisa dilakukan di curug ini, mulai dari berswafoto hingga camping di sekitar Curug Lawe Secepit.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung bisa langsung menuju lokasi karena Curug Lawe Secepit beroprasional setiap hari mulai pukul 07.30 WIB-17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya