SOLOPOS.COM - Pendakian Gunung Merbabu Jateng. (Istimewa/visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANGJawa Tengah (Jateng) memiliki beragam gunung dengan karakteristik dan ketinggiannya yang berbeda-beda. Bagi para pencinta gunung, tentunya sudah tidak asing dengan gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah.

Berikut ini merupakan daftar empat gunung tertinggi di Jawa Tengah yang dirangkum dari berbagai sumber informasi.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

1. Gunung Slamet

Dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah sekaligus sebagai gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung Slamet merupakan gunung api aktif yang memiliki ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Slamet Jateng
Gunung Slamet. (Istimewa/Instagram @indrasutantoo)

Gunung dengan tipe stratovolcano ini secara administratif terletak di antara lima kabupaten, yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang. Gunung Slamet menyuguhkan panorama tiada dua yang tak jarang memikat perhatian pecinta alam.

Memiliki daya tarik wisata, Gunung Slamet sering dimanfaatkan sebagai objek wisata berbasis edukasi geologi atau geowisata dan sebagai gunung jujugan para pendaki jalur Bambangan, jaluk Kaliwadas dan jalur Baturaden.

2. Gunung Sumbing

Dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah sekaligus sebagai gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

gunung sumbing jateng
Gunung Sumbing Jateng. (Istimewa/Instagram @yusuf_arb)

Gunung Slamet merupakan gunung api aktif yang memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung dengan tipe strato tipe A ini berada di dalam wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Purworejo.

Lerengnya yang landai dan tanahnya yang subur, gunung ini dijadikan sebagai daerah penghasil perbebunan rakyat, seperti berbagai macam sayuran yang meliputi wortel, kentang, hingga kol, dan tanaman tembakau.

Gunung Sumbing juga kerap ditaklukan oleh para pendaki melalui jalur Kledung, jalur Selogowok, dan beberapa jalur lainnya.

3. Gunung Lawu

Dinobatkan sebagai gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah, Gunung Lawu merupakan gunung vulkanik tua yang sudah tidak aktif dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Lawu diperkirakan meletus terakhir kali pada 28 November 1885.

gunung lawu jateng
Gunung Lawu Jateng. (Istimewa/Instagram @dickydkng)

Secara administrasi Gunung Lawu terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di antara Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan. Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Hargo Dalem, Puncak Hargo Dumiling, dan puncak tertinggi yakni Puncak Hargo Dumilah.

Akrab terdengar di telinga para pendaki, Gunung Lawu dapat didaki melalui jaluk Cemoro Sewu, jalur Cemoro Kandang, jalur Candi Cetho, jalur Singolangu, dan jalur Tambak.

4. Gunung Merbabu

Dinobatkan sebagai gunung tertinggi keempat di Jawa Tengah, Gunung Merbabu merupakan gunung api aktif bertipe strato dengan ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl). Secara administrasi Gunung Merbabu terletak di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Semarang.

gunung merbabu jateng
Gunung Merbabu Jateng. (Istimewa/Instagram @adhikagraha)

Meski jadi gunung tertinggi keempat, Gunung Merbabu tidak pernah sepi dari kunjungan para pendaki. Terdapat lima jalur pendakian, yaitu jalur Selo, jalur Suwanting, jalur Wekas, jalur Cuntel, dan jalur Thekelan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya