SOLOPOS.COM - Ilustrasi gedung pencakar langit. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Perkembangan ekonomi di Jawa Tengah (Jateng) tergolong cepat. Perekembangan ini pun turut diimbangi dengan berdirinya banyak gedung pencakar langit di Jawa Tengah. Berikut deretan gedung tertinggi di Jawa Tengah (Jateng).

Dilansir dari wikipedia.org, ketinggian gedung di tiap kabupaten/kota di Jateng berbeda-beda. Ketinggian maksimal bangunan ini di tiap daerah biasanya juga dibatasi aturan tertentu. Contohnya ketinggian bangunan di Semarang yang dibatasai dengan aturan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandara Internasional Achmad Yani.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Berdasarkan aturan itu, gedung tinggi yang berada di dekat bandara atau 4.000 meter dari runway bisa dibangun gedung dengaan ketinggian maksimal 45 meter. Sementara, di luar radius itu bisa dibangun gedung dengan ketinggian maksimal 145 meter hingga 150 meter.

Lantas, di daerah manakah gedung tertinggi di Jawa Tengah? Berikut deretan gedung tertinggi di provinsi yang dipimpin Ganjar Pranowo.

1. Hotel Alila Solo

Dilansir dari laman wikipedia.org, gedung tertinggi di Jawa Tengah (Jateng) kemungkinan berada di Kota Solo. Gedung tertinggi itu tak lain adalah bangunan Hotel Alila Solo.

Hotel Alila Solo yang terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 562, Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, ini terdiri dari 28 lantai, dengan ketinggian mencapai 124 meter.

Hotel ini dibangun pada tahun 2015 dan saat ini menjadi gedung tertinggi di Solo dan juga Jawa Tengah.

2. Solo Paragon

Solo Paragon merupakan sebuah kompleks permukiman dan perbelanjaan yang terletak di Jalan Dr Sutomo, Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Selain terdapat pusat perbelanjaan, Solo Paragon juga memiliki hotel dan apartemen. Bahkan tinggi bangunan hotel dan apartemen di Solo Paragon ini disebut-sebut sebagai yang tertinggi di Kota Solo.

Solo Paragon Hotel and Residence ini memiliki bangunan gedung setinggi 109 meter, yang menjadikannya sebagai gedung tertinggi kedua di Kota Solo dan juga Jawa Tengah, setelah Hotel Alila Solo.

3. Best Western Star Hotel & Apartement

Best Western Star Hotel & Apartement berada di Kota Semarang, tepatnya di Jalan MT Haryono Nomor 972, Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan.

Hotel ini terdiri dari 31 lantai dan dibangun sejak tahun 2013. Hotel ini disebut-sebut sebagai bangunan gedung tertinggi di Kota Semarang Jawa Tengah, dengan ketinggian mencapai 103 meter.

4. Solo Center Point

Satu lagi gedung tertinggi di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), yakni Solo Center Point atau Aston Solo Hotel. Gedung ini terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 373, Sondakan, Laweyan, Kota Solo.

Gedung Solo Center Point juga digunakan untuk hotel dengan brand Aston Solo Hotel. Ketinggian bangunan gedung di Solo Center Point atau Aston Solo Hotel mencapai 82 meter, dan terdiri dari 22 lantai.

5. Louis Kienne Simpang Lima Semarang

Louis Kienne Hotel Simpang Lima terletak di pusat kota Semarang. Hotel ini terletak di kawasan Simpang Lima Semarang yang selama ii menjadi ikon Kota Semarang, tepatnya di Jalan Ahmad Yani No. 137, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan.

Hotel Louis Kienne Semarang merupakan salah satu hotel tertinggi di Kota Semarang. Bangunan hotel ini masuk dalam daftar gedung tertinggi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) dengan ketinggian mencapai 78 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya