SOLOPOS.COM - Lawang Sewu Semarang. (Heritage.kai.co.id)

Solopos.com, SEMARANG — Jawa Tengah (Jateng) memiliki sederet tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Meski demikian, di antara sederet tempat wisata di Jateng itu rupanya juga ada yang diselimuti atau memiliki kisah misteri.

Jateng selama ini memang dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia dengan destinasi wisata terbaik. Tempat wisata yang ada di Jateng pun juga beragam dan tentu saja memberikan pemandangan yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Namun, tak hanya menarik untuk dikunjungi, tempat wisata di Jateng ternyata juga ada yang memacu adrenalin karena memiliki kisah misteri dan bahkan menjadi mitos yang dipercaya hingga kini:

  • Benteng Van Der Wijck

Benteng ini merupakan tempat yang dulunya digunakan sebagai tempat berlindung tentara Belanda. Terletak di kota Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, benteng ini ternyata memiliki kisah misteri yang membuat merinding. Konon katanya di dalam benteng ini sering terdengar suara orang menangis di beberapa ruangan tertentu dan ada pula suara orang-orang berbaris di dalam benteng.

  • Lawang Sewu

Lawang Sewu banyak sekali menyimpan cerita mistis yang tak kalah menyeramkan. Bahkan tempat ini pernah masuk menjadi salah satu tempat berhantu menyeramkan di dunia. Konon, di tempat ini sering terlihat sosok tentara Belanda lengkap dengan senjata.

Sementara di bagian pintu depan paling barat atau paling timur, konon sering terlihat penampakan hantu noni Belanda yang diduga korban pemerkosaan tentara Jepang, yang wajahnya pucat bersimbah darah sambil tersenyum.

Tak hanya itu, dari cerita yang beredar sering juga terjadi kesurupan di penjara jongkok, menemui sosok hantu bergantung diatas dengan mata hijau menyala di lorong bawah tanah dan bisa merangkak untuk mendekati siapa yang melihat, dan terakhir sumur tua di bagian depan halaman Lawang Sewu sering terdenagr suara rintihan kesakitan.

  • Grojogan Sewu

Memiliki pemandangan air terjun yang menakjubkan, tidak membuat Grojogan Sewu lepas dari kisah mistis yang beredar di masyarakat. Konon tempat ini memiliki penjaga berupa makhluk halus yang menunggu di sekitar Grojogan Sewu. Menurut beberapa ahli spiritual, tempat ini merupakan pertemuan para roh leluhur dan makhluk gaib yang hidup zaman dahulu.

Ada juga Kretek Pegat merupakan jembatan yang bisa memutus hubungan sepasang kekasih jika melewati jembatan ini. Dipercaya ada wujud kakek di jembatan kayu itu. Tak kalah seram juga terdapat patung ular yang dikabarkan sebuah gerbang menuju dimensi lain.

  • Candi Cetho

Candi ini memiliki pemandangan dengan latar pegunungan yang menawan. Akan tetapi di balik itu, candi ini menyimpan beberapa kisah misteri yang sudah menjadi pembicaraan umum masyarakat. Contohnya saja di candi ini terdapat mitos jika orang yang belum menikah dan berhubungan initim bisa dengan mudah melalui anak tangga puncak piramida, jika sudah melakukan keduanya orang itu akan kencing sebelum sampai piramida. Ada juga cerita tentang pasar gaib, dimana sering terdengar suara keramaian seperti orang di pasar yang sedang melakukan transaksi jual beli dan tawar menawar.

  • Gunung Slamet

Gunung Slamet juga menyimpan kisah misteri yang tak kalah mencekam, seperti Pos Samarantau yang dipercaya banyak penunggu dari jin jahil. Selain itu, Samarantau juga berarti awas ada hantu. Ada juga cerita yang tersebar tentang manusia kerdil yang menjadi penunggu Gunung Slamet. Dari cerita yang beredar juga sikapnya seperti binatang dan juga sering mengambil makanan di tenda dan takut saat melihat manusia. Juga adanya dua pohon gaib yang jika tidak hati-hati, pendaki bisa tidak kembali lagi. Tak hanya di Candi Cetho saja, suara orang-orang seperti di pasar juga sering kali terdengar di Gunung Slamet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya