SOLOPOS.COM - Ilustrasi situs web PPDB Jateng 2022. (Solopos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru atau PPDB untuk wilayah Jawa Tengah (Jateng) 2022 jenjang SMA dan SMK telah dibuka sejak Rabu (29/6/2022) pagi, sekitar pukul 07.00 WIB. Proses pendaftaran PPDB Jateng 2022 jenjang SMA dan SMK itu dilakukan secara daring melalui situs web atau link di ppdb.jateng.go.id mulai 29 Juni 2022 hingga 1 Juli 2022, pukul 16.00 WIB.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon peserta didik telah lebih dulu melalui proses pengajuan dan aktiivasi akun PPDB Jateng yang digelar pada 15-29 Juni 2022. Pengajuan dan aktivasi akun itu sebenarnya digelar hingga 28 Juni 2022 pukul 16.00 WIB, namun diperpanjang hingga 29 Juni 2022 pukul 16.00 WIB.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Selama proses pengajuan akun dan aktivasi itu, calon pendaftar diminta mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan. Setelah berkas diunggah dan diverifikasi ke satuan pendidikan terdekat, calon peserta didik memperoleh nomor peserta dan token atau password untuk login ke situs web ppdb.jatengprov.go.id.

Setelah melakukan pendaftaran, calon peserta didik baru diminta untuk mencetak tanda bukti pendaftaran. Setelah itu, calon peserta didik diminta untuk menunggu pengumuman hasil seleksi PPDB Online SMA/SMK Jateng 2022 pada 4 Juli 2022.

Jika dinyatakan lolos atau diterima di sekolah yang dipilih, calon peserta didik diminta untuk melakukan pendaftaran ulang di sekolah yang dituju mulai tanggal 5-7 Juli 2022. Setelah diterima, peserta didik baru akan mulai menjalani hari pertama masuk sekolah pada 18 Juli 2022.

Baca juga: Perhatian! Begini Alur Pendaftaran PPDB Online SMA dan SMK Jateng 2022

Berikut cara daftar PPDB Jateng 2022 jenjang SMA dan SMK

  • Kunjungi link pendaftaran PPDB Jateng 2022 di https://ppdb.jatengprov.go.id
  • Pilih jenjang dan jalur seleksi yang ingin diikuti. Untuk SMA terdapat pilihan zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan prestasi. Sedangkan SMK ada tiga jalur pilihan yakni Afirmasi, prestasi, dan domisili terdekat.
  • Login akun menggunakan nomor peserta dan password yang telah didapatkan sebelumnya.
  • Setelah login, pilih sekolah tujuan sesuai dengan ketentuan.
  • Setelah selesai memilih sekolah tujuan, simpan dan cetaklah tanda bukti pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya