SOLOPOS.COM - Destinasi wisata Kota Lama Semarang menjadi salah satu tempat yang ramai dikunjungi wisatawan selama libur Lebaran 2022. (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANGKota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi salah satu daerah yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran 2022. Dari sederet tempat atau destinasi wisata di Kota Semarang, beberapa di antaranya menerima kunjungan wisatawan paling banyak atau paling ramai di antara objek wisata lainnya.

Menurut Analisis Kebijakan Ahli Muda Sub Koordinator Pengembangan Pasar Bidang Pemasaran Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Tanti Aprianti, Kota Semarang memang menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Jateng. Bahkan, berdasarkan data Disporapar Jateng hingga Jumat (6/5/20220, total ada sekitar 229.320 wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kota Semarang selama libur Lebaran 2022.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Dari sederet destinasi wisata di Kota Semarang itu, menurut Tanti, kawasan Kota Lama menjadi lokasi atau tempat wisata paling favorit bagi wisatawan. Total hingga H+4 Lebaran, kawasan Kota Lama Semarang telah dikunjungi sekitar 98.995 orang.

“Ada di Kota Lama Semarang [paling ramai] dikunjungi wisatawan. Jumlah kunjungannya mencapai 98.995 orang. Kemudian, Sam Poo Kong dan Pantai Marina,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Sapto Adi, menyebut total ada sekitar 229.317 wisatawan yang tercatat berkunjung ke Kota Semarang. Wisatawan sebanyak itu merupakan wisatawan lokal atau domestik.

Baca juga: Libur Lebaran 2022, Semarang Zoo Tembus 8.000 Pengunjung /Hari

“Itu data yang kami ambil dari 10 DTW [destinasi tempat wisata] prioritas yang menjadi tujuan utama saat libur Lebaran. Kami tidak merekap data harian karena sangat sulit bisa merekap data harian,” ujarnya.

Sapto mengatakan selain kawasan Kota Lama, ada beberapa destinasi favorit wisatawan di Kota Semarang. Destinasi wisata itu antara lain Museum Kota Lama, Semarang Zoo, Goa Kreo, dan Taman Lele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya