SOLOPOS.COM - Tia Hendi, salah satu wajah baru yang berpotensi mengisi kursi DPRD Jateng. (Instagram - krisseptiana_tiahendi)

Solopos.com, SEMARANG – Hasil real count KPU untuk Pemilu Legislatif (Pileg) DPRD Jateng 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng 1, yang meliputi wilayah Kota Semarang, hingga Selasa (20/2/2024) masih terus bergulir. Sederet wajah baru pun berpotensi melenggang ke Gedung Berlian, sebutan DPRD Jateng, karena hingga kini masih unggul dalam perolehan suara.

Setidaknya ada empat caleg baru atau non-petahana yang berpotensi mengisi kursi DPRD Jateng dari Dapil Jateng 1. Keempat wajah baru itu yakni Krisseptiana alias Tia Hendi dari PDIP, Setyo Budi dari Partai Nasdem, Sudarsono dari Gerindra, dan Muhammad Afif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Dilansir laman pemilu2024.kpu.go.id, hasil real count KPU untuk Pileg DPRD Jateng 2024 hingga Kamis pukul 10.00 WIB telah menyelesaikan perhitungan di 2.191 tempat pemungutan suara (TPS) atau 47,16% dari 4.646 TPS.

Dari TPS sebanyak itu, Tia Hendi yang merupakan istri mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, masih berada di urutan teratas dalam daftar caleg DPRD Dapil Jateng 1 yang mengumpulkan suara, yakni 22.682 suara. Tia Hendi yang diusung PDIP pun berpotensi besar melenggang ke Gedung Berlian, atau mendapatkan satu kursi DPRD Jateng.

Selain Tia Hendi, wajah baru yang berpotensi meraih kursi DPRD Jateng dari Dapil Jateng 1 yakni caleg Nasdem, Setyo Budi, caleg Partai Gerindra, Sudarsono; dan caleg PKS, Muhammad Afif. Setyo Budi untuk sementara menempati urutan kedua dalam perolehan suara di Dapil Jateng 1 dengan 13.189 suara, disusul Sudarsono dengan 9.398 suara. Sementara Muhammad Afif menempati urutan kelima dengan 6.099 suara.

Berdasarkan PKPU No. 6/2023 tentang Dapil dan Alokasi Kursi DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024, Dapil Jateng 1 yang meliputi wilayah Kota Semarang, akan mendapat alokasi enam kursi pada Pileg DPRD Jateng 2024.

Jika klasemen penghitungan suara ini tak berubah, maka keempat caleg baru itu pun berpotensi mengisi empat dari enam kursi yang disediakan di DPRD Jateng dari Dapil Jateng 1. Sementara dua kursi lainnya, kemungkinan diisi caleg petahana dari PDIP yakni R.R. Maria Tri Mangesti dan Soetjipto. R.R. Maria Tri Mangesti saat ini menempati urutan keempat dalam daftar caleg peraih suara terbanyak di Dapil Jateng 1 dengan 7.826 suara. Sedangkan Soetijpto berada di urutan keenam dengan raihan 6.099 suara.

Pada periode 2019-2024, kursi DPRD Jateng dari Dapil Jateng 1 diisi oleh enam anggota legislatif. Keenam anggota legislatif itu yakni Danie Budi Tjahjono, Soetjipto, dan R.R. Maria Tri Mangesti, dari PDIP. Kemudian Agung Budi Margono dari PKS, Tazkiyatul Muthmainnah dari PKB, dan Yudi Indras Wiendarto dari Partai Gerindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya