SOLOPOS.COM - Nasi Grombyang Pemalang. (Istimewa/jatengprov.go.id)

Solopos.com, PEMALANGNasi grombyang menjadi salah satu makanan khas di Pemalang. Nasi grombyong telah menjadi salah satu khazanah kuliner di Indonesia.

Sekilas, makanan ini mirip rawon karena tampilan kuahnya berwarna hitam. Bedanya, kuah nasi grombyang sedikit lebih encer dan tidak sepekat rawon.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Melansir dari jatengprov.go.id, nasi grombyang di Pemalang sudah resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada 29 Oktober 2021.

Nasi grombyang merupakan kuliner berbahan utama nasi putih dan daging sapi atau kerbau yang dibumbui rempah. Namun, bukan produk nasi grombyangnya yang menyandang predikat itu, melainkan proses pengolahannya yang membuat makanan itu istimewa.

Dilansir dari indonesia.go.id, istilah grombyang sendiri berasal dari bahasa lokal yang digambarkan dari kuahnya yang bergoyang-goyang hingga hampir tumpah saat dibawa. Nasi grombyang biasanya disajikan dengan mangkuk kecil kemudian diisi dengan beragam bahan.

Komposisinya terdiri dari nasi putih, potongan daging kerbau, atau daging sapi, atau daging ayam yang sudah dipotong tipis, irisan daun bawang, serta berbagai bumbu rempah yang menyatu pada kuah kaldunya.

Bisa dibayangkan dengan isian sebanyak itu tersaji dalam satu mangkuk kecil, pasti perlu kehati-hatian dalam membawanya agar tidak tumpah.

Sama seperti rawon, kuah nasi grombyang juga menggunakan bumbu dasar kluwek dan perpaduan berbagai bumbu rempah lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu gurih memikat. Sensasinya luar biasa lezat dan segar.

Daging dan kuah dimasak cukup lama sehingga membuat bumbunya sangat meresap pada daging kerbau atau sapi serga terasa empuk dan matang. Istimewanya lagi, dalam hidangan nasi grombyang juga disertakan sepiring sate daging sapi/kerbau sebagai pelengkap.

Uniknya, cara mengolahnya tidak dibakar seperti sate pada umumnya. Daging cukup diungkep dengan menggunakan bumbu kemudian ditusuk layaknya satai. Untuk pelengkap cita rasa, satai ini dibalut dengan bumbu kelapa sangrai parut dipadu sambal cabai rawit.

Rasanya sudah tentu nikmat sekali. Rasa manis yang begitu tipis berpadu dengan semburat gurih yang melekat di lidah.

Ketika berkunjung ke Pemalang, jangan lupa mencoba kuliner khas Pemalang yang satu ini. Anda bisa menikmati nasi grombyang ini dengan sangat mudah karena Anda akan menemui banyak penjual nasi grombyang di Kota Pemalang, terutama di jalan-jalan dekat Alun-alun Kota Pemalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya