SOLOPOS.COM - Penampakan dari Ketinggian Kura-kura Ocean Park Jepara. (Istimewa/jepara.go.id)

Solopos.com, JEPARA — Selain dikenal sebagai Kota Ukir, Kabupaten Jepara ternyata juga memiliki daya tarik wisata pantai. Salah satu destinasi wisata yang menjadi jujugan masyarakat, yakni Pantai Kartini, terletak 2.5 km ke arah barat Kantor Bupati Jepara.

Salah satu objek wisata unik di dalam Pantai Kartini ini berupa Kura-kura Ocean Park. Diresmikan oleh Bupati Jepara Selasa, 22 Februari 2011, objek wisata ini bisa ditempuh melalui perjalanan darat dari Pusat Kota Jepara dalam waktu 20 menit perjalanan.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Direpresentasikan dengan bentuk penyu raksasa yang terletak di pesisir Pantai Kartini, secara khusus memvisualisasikan komitmen Jepara dalam upaya pelestarian dan pembudidayaan populasi penyu sisik. Bentuk itu menjadi ciri khas objek wisata yang memikat perhatian dan jadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

Dilansir dari laman direktoripariwisata.id pada Senin (10/7/2023), Kura-kura Ocean Park memiliki dua lantai yang terbagi menjadi lantai bawah bagian depan, lantai bawah bagian dalam, dan lantai II yang siap menyambut dan memberikan kenangan mengesankan bagi pengunjung.

Lantai bawah bagian depan

Difungsikan sebagai kantor pengelola, loket penjualan tiket masuk, stan penjualan suvenir khas jepara untuk dijadikan oleh-oleh. Di lokasi ini juga terdapat fasilitas toilet umum.

Lantai bawah bagian belakang

Digunakan sebagai taman laut dengan fasilitas:

1. Akuarium besar yang menampilkan “Lorong Misteri Bawah Laut”. Di lorong ini, pengunjung dapat memanjakan mata dengan menyaksikan keindahan kehidupan bawah laut berupa ikan-ikan berukuran besar, seperti ikan hiu, dotty back, giant trafelly, hingga penyu sisik dan aneka terumbu karang yang menghuni taman bawah laut.

2. 12 Akuarium dinding dan empat akuarium meja yang berisi beragam jenis ikan laut dan tawar dengan berbagai ukuran.

3. Dua buah touch screen yang berisi tentang informasi seputar Jepara.

4. Satu buah kolam sentuh atau touch pool yang berisi beragam ikan air tawar, salah satunya pengunjung dapat berinteraksi dengan kura-kura jinak.

5. Kolam fish spa dilengkapi dengan ribuan ikan garra rufa yang berasal dari Turki.

Lantai II

Dipenuhi dengan beragam permainan pintar, seperti papan kreatif, air mancur melayang, peraga sensor tepuk dan sensor gerak, hingga simulator pesawat terbang.

Di lantai ini, terdapat pula Teater 3D Kura-kura Ocean Park yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati pertunjukan film Imax Deep Sea 3D, Dinosaurus Alive, dan beragam film lainnya. Kura-kura Ocean Park buka setiap hari dengan jam operasionalisasi pukul 08.00 WIB-18.00 WIB.

Jika Anda ingin memulai petualangan wisata di Kura-kura Ocean Park, Anda hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga terjangkau, yaitu Rp15.000 untuk anak-anak, dan Rp20.000 untuk orang dewasa. Dengan harga tersebut, Anda dapat mengakses dan menikmati fasilitas yang ada di seluruh lantai bangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya