SOLOPOS.COM - Proses pembuatan batik tulis di atas kain Desa Limbasari, Purbalingga. (Istimewa/Instagram @daerahlimbasari)

Solopos.com, PURBALINGGADesa Wisata Limbasari selalu bisa memukau dengan keindahan alamnya yang mempesona. Desa ini terletak di Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga.

Tempat ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mencari kedamaian dan keindahan alam yang masih alami. Dikelilingi panorama pegunungan hijau dan udara segar, desa ini menawarkan pengalaman unik bagi para wisatawan yang ingin menjauh sejenak dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Tidak hanya pesona alamnya, Desa Wisata Limbasari juga memikat hati para wisatawan dengan kekayaan budaya dan hasil karya lokal yang khas. Wisatawan dapat merasakan langsung keramahan masyarakat setempat yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional.

Seni dan kerajinan tangan yang dihasilkan oleh penduduk desa juga menjadi magnet tersendiri. Dengan keberagaman yang ada, berikut ini enam pesona daya tarik Desa Wisata Limbasari yang dikutip dari YouTube Purbalingga Memikat pada Kamis (31/8/2023).

1. River Tubing

Bagi para pencinta petualangan, river tubing di Sungai Tutung Gunung menjadi tempat yang tak boleh dilewatkan. Terletak di tengah pesona Gunung Plana, wisatawan dapat merasakan sensasi terombang-ambing di atas ban selama sekitar dua jam sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan dan menaklukkan arus sungai yang menantang.

Wisatawan akan melintasi aliran sungai yang mengalir melalui hutan hijau dan jajaran bebatuan alami sembari bersantai merasakan getaran air dan menikmati sejuknya udara pegunungan.

2. Jelajah Alam Patrawisa

Melalui jalan setapak, wisatawan diajak untuk berpetualang menjelajahi hutan alam Patrawisa dengan pesona aliran air terjun yang menyegarkan. Dengan jalur yang tidak terlalu ekstrem, jelajah alam ini tetap menawarkan keseruan eksplorasi yang bisa dinikmati semua pencinta alam yang ingin memacu sedikit adrenalin, baik bagi para pemula sekalipun.

Dalam setiap tikungan dan sudut, alam yang masih terjaga keasliannya. Momen di jelajah alam Patrawisa berpotensi menjadi karya seni visual yang memikat.

3. Produksi Gula Jawa

Tidak hanya menyuguhkan panorama alam yang menawan, tetapi juga menawarkan komoditas unggulan yang khas. Gula jawa menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Desa Limbasari.

Tidak sekadar menikmati hasil akhir, Desa Limbasari menghadirkan pengalaman wisata edukatif yang memungkinkan para wisatawan menyaksikan secara langsung seluruh proses produksi gula Jawa.

Dengan paket wisata yang merangkai langkah-langkah, dari memasak hingga proses pemasaran, wisatawan memiliki kesempatan langka untuk melihat dan belajar bagaimana gula Jawa yang lezat dan bernilai tinggi dihasilkan.

4. Sentra Industri Rumah Tangga Batik

Selain pesona alam, desa ini juga melambangkan kekayaan budaya Indonesia melalui kerajinan tangan batik yang tak ternilai. Para perajin bekerja dengan cermat untuk menghasilkan batik-batik yang mengagumkan, menggunakan teknik-teknik yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Pesona batik mengundang decak kagum dengan warna-warna alami yang memikat dan corak yang khas dari wilayah ini.

5. Situs Bersejarah

Desa Limbasari menyimpan jejak-jejak bersejarah yang kaya akan makna. Berbagai situs bersejarah menjadi jendela menuju zaman dahulu, memungkinkan wisatawan untuk memahami lebih dalam tentang warisan budaya dan sejarah yang membentuk identitas Desa Limbasari.

Mulai dari Situs Karangjoho, Situs Arjosari, Situs Trondol Kidul, hingga Makam Putri Ayu Limba Sari, telah menjadi saksi bisu dari masa lalu yang kini masih dijaga dan dirawat dengan baik.

6. Vila dan Homestay

Bagi Anda yang menginginkan berlama-lama di Desa Limbasari, desa ini menyediakan pengalaman menginap yang autentik melalui homestay dan vila yang menawarkan kenyamanan dan keramahan khas lokal.

Selain menawarkan akomodasi yang nyaman, Desa Limbasari juga mengundang para tamu untuk menjelajahi ragam kuliner lokal yang menggugah selera.

Selama menginap, para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung proses becocok tanam. Di mana, padi menjadi komoditas utama dalam pertanian masyarakat Desa Limbasari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya