SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi. (IJIBI/Solopos/Istimewa)

Investasi Jateng diramaikan 162 perusahaan asing yang masuk ke Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Investasi Jateng diramaikan banyaknya perusahaan asing yang menanamkan modal di wilayah Kota Semarang. Sepanjang semester I tahun 2016 ini, tercatat 162 perusahaan asing masuk ke Kota Semarang.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

“Dari data kami, ada 162 penanaman modal asing dengan nilai investasi sebesar 57,483 juta dolar AS,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pengembangan sekaligus Pelaksana Harian Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jawa Tengah (Jateng) Didik Subiantoro di Semarang, Kamis (18/8/2016).

Berdasarkan data yang sama terlihat Kota Semarang merupakan daerah dengan jumlah proyek PMA paling banyak dibandingkan kota maupun kabupaten lain di Jawa Tengah. Meski demikian, dari sisi nilai investasi, Kota Semarang bukan daerah dengan nilai investasi paling tinggi.

Pada periode I/2016 tersebut, nilai investasi tertinggi berada di Kabupaten Sukoharjo dengan total investasi senilai 105,317 juta dolar AS. Untuk Kabupaten Sukoharjo, jumlah proyeknya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Kota Semarang, yaitu hanya 21 proyek. Daerah selanjutnya dengan nilai investasi tertinggi kedua di Jateng adalah Kabupaten Batang mencatatkan angka 78,868 dolar AS hanya dengan sembilan proyek.

Total nilai investasi di Jateng pada semester i/2016 mencapai 406,54 juta dolar AS dengan jumlah proyek mencapai 528. Sektor industri dengan nilai investasi paling besar adalah industri tekstil dengan jumlah 84 proyek dan nilai investasi senilai 101,380 juta dolar AS.

Sementara itu, Singapura berdasarkan catatan BPMD Jateng menempati posisi pertama untuk negara dengan nilai investasi tertinggi yang masuk ke Jateng pada periode ini. Nilai investasi dari Singapura mencapai 110,767 juta dolar AS dengan jumlah proyek sebanyak 64. Selanjutnya adalah British Virgin Islands dengan nilai investasi 106,414 juta dolar AS dan jumlah proyek sebanyak 45.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya