SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Investasi Jateng pada tahun ini diperkirakan capai Rp17 triliun.

Kanalsemarang.com, SEMARANG- Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jawa Tengah optimistis target investasi di tahun 2015 dapat tercapai yaitu sebesar Rp17 triliun.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Untuk target investasi pada tahun ini mencapai Rp17 triliun, harapannya hingga akhir tahun ini target tersebut dapat terealisasi,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPMD Jateng Asih Widhiastuti di Semarang, Jumat (18/12/2015).

Menurut dia, hingga triwulan III tahun ini realisasi investasi untuk penanaman modal dalam negeri mencapai Rp10,322 triliun sedangkan untuk penanaman modal asing mencapai Rp613,39 miliar.

“Sedangkan total izin usaha yang masuk ke BPMD Jawa Tengah hingga periode yang sama mencapai 2.288 izin. Untuk sektor perusahaan bergerak di beberapa bidang di antaranya bidang perikanan, makanan, dan garmen,” katanya.

Sementara itu, Asih menilai investasi merupakan peluang Jateng untuk menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya sehingga angka kemiskinan dapat berkurang.

Sebagai upaya untuk meningkatkan nilai investasi tersebut, pihaknya memberikan sejumlah kemudahan salah satunya dari sisi izin.

Asih mengatakan, saat ini Pemerintah Jateng sudah memiliki layanan perizinan satu pintu atau pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) yang ada di semua Kabupaten/Kota dan juga di Provinsi.

“Yang selama ini izin usaha masih parsial di SKPD atau dinas, sekarang ini sudah diintegrasikan di PTSP, jadi BPMD ada satu unit pengelola teknis PTSP,” katanya.

Menurut dia, unit pengelola teknis ini tugasnya mempermudah pelayanan perizinan di Jawa Tengah. Salah satunya, ada beberapa izin usaha yang jika sesuai SOP bisa selesai dalam waktu 10 hari, namun saat ini bisa dipersingkat menjadi 3 hari.

“Ini upaya yang kami tingkatkan untuk meningkatkan izin investasi di Jawa Tengah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya