SOLOPOS.COM - Bupati Blora, H. Arief Rohman (Istimewa)

Solopos.com, BLORA — Bupati Blora, H. Arief Rohman, terus berkomitmen kuat untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat tetap menjadi prioritas.

Hal itu terutama terkait layanan dasar yang bersifat fundamental seperti pelayanan kesehatan, pembangunan jalan, sarana pendidikan dan infrastruktur lainnya tetap akan berlanjut. Hal ini disampaikan saat memberikan pembinaan di Biddik Blora, Graha Larasati Blora, Rabu (3/5/2023).

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Tidak hanya di Biddik Blora, hal ini juga disampaikan Bupati saat menghadiri Pembinaan ASN dan Halalbbihalal Biddik kecamatan Tunjungan, dan Jepon.

“Hari ini saya ada 16 kegiatan, mohon maaf jika ada kterlambatan, di bulan Syawal ini mari kita jadikan sebagai momentum untuk saling memaafkan. Mari kita satukan langkah, tingkatkan semangat kebersamaan, saling mengingatkan dan saling membantu untuk membangun kabupaten Blora,” jelas Bupati dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Bupati menyampaikan pada 2022, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Blora naik 0,58 poin menjadi 69,95. Untuk rata-rata lama sekolah bertambah sebesar 0,11 /tahun atau menjadi 7,01/ tahun pada tahun 2022.

“Angka Harapan Lama Sekolah tahun 2022 naik 0,09 tahun, menjadi selama 12,44 tahun, ini setara lulus SMA atau semester 1 kuliah,” jelasnya.

Dari sisi pendidikan menurut Bupati, IPM dipengaruhi dua  hal tersebut. IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Kita masih mempunyai Anak Tidak Sekolah (ATS), ini adalah PR kita untuk menanganinya,” tuturnya.

Arief menyebutkan desa-desa dengan angka ATS masih tinggi biasanya akan terjadi pernikahan dini. Kalau itu terjadi kemungkinan besar stunting kita akan meningkat.

“Saya juga minta peran bapak ibu guru dan keluarga besar korwil bidik untuk hal tersebut, Untuk Sesarengan Mbangun Blora, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.

Terkait Kurikulum Merdeka yang sudah diterapkan di sekolah-sekolah, Arief berpesan agar sekolah memasukkan materi pengelolaan sampah dalam P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka, dalam rangka membangun kebiasaan hidup bersih dan sehat sejak dini.

“Setiap Sekolah harus menjadi Sekolah Adiwiyata, yaitu membangun sekolah yang berwawasan lingkungan, menciptakan suasana sekolah yang bersih, sehat dan nyaman untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Ketika lingkungan sehat maka siswa pun sehat sehingga prestasi sekolah bisa meningkat,” tuturnya.

Selanjutnya, pendidikan karakter dan agama ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan, karena masing-masing saling membutuhkan dan bernilai lebih, menyeimbangkan dan saling melengkapi.

“Kurangnya pendidikan karakter, pendampingan, teladan dan pendidikan agama adalah faktor penyebab menurunnya moral para pelajar atau generasi muda pada umumnya,” ujar Arief.

“Saya berharap kepada pada para guru untuk mendidik anak didiknya dengan lebih baik, supaya kelak anak didiknya menjadi anak yang berkualitas. Tingkatkan terus kinerja panjenengan agar semakin bagus,” imbuhnya.

Dia juga berharap agar niat ikhlas para guru dalam melaksanakan tugas selama ini terus dikuatkan. Sebab tantangan pendidikan ke depan akan semakin besar.

“Ini adalah momentum untuk introspeksi diri demi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Blora,” ujarnya.

Di sisi lain, Arief menyadari sepenuhnya, masih banyak kekurangan di sisi pembangunan Kabupaten Blora. Untuk itu, saya beserta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Blora menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dan ketidaksempurnaan.

“Saya berharap Korwil Biddik ini terus bisa menjadi wadah komunikasi yang efektif antar anggotanya dan terus bisa memberikan manfaat yang baik kepada anggotanya, maupun Blora pada umumnya,” harapnya.

“Pemerintah Kabupaten Blora senantiasa membuka diri dalam menerima masukan, usul, saran serta kerja sama untuk kelanjutan pembangunan ke depan. Saya ucapkan terima kasih atas peran aktif masyarakat, termasuk Korwil Biddik Kecamatan Blora di dalamnya, dalam mengawal program pembangunan. Hal ini tentu demi satu tujuan yang sama yakni mewujudkan Blora yang Unggul dan Berdaya Saing,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya