SOLOPOS.COM - Ketua Tim Inspektorat Jenderal Kemendagri Teguh Narutomo saat menyampaikan evaluasi kinerja penjabat wali kota Salatiga, Jumat (13/1/2023). (Istimewa/Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA–Jajaran Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendagri mendatangi Pemerintah Kota Salatiga untuk melihat dan berkoordinasi langsung tentang kepatuhan pemerintah daerah terhadap RPJMD.

Kedatangan rombongan Inspektur khusus tersebut dalam rangka evaluasi dan monitoring kinerja pelaksanaan tugas dari Penjabat Wali Kota.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Ketua Tim Inspektorat Teguh Narutomo mengatakan untuk tata kelola keuangan Kota Salatiga 2023 mendatang, selain rancangan APBD yang sudah ditetapkan. Harus sudah ada tatanan yang mengatur terkait dengan penyerapan anggaran.

“Kita juga akan mengawasi secara tematik door to door atau secara day to day untuk memonitor pergerakan. Dan dalam sistem tersebut, akan dikawal betul,” ungkap Teguh di Ruang Kalitaman, Gedung Setda Lantai 2, Jumat (13/1/2023).

Dalam kesempatan itu, Teguh juga mengingatkan bahwa 17 Januari 2023 mendatang rencananya dikumpulkan semua forkopimda seluruh Indonesia di Jakarta dan akan mendengarkan pesan strategis dari Presiden beserta 22 Menteri yang akan menyampaikan poin-poin tertentu terkait hal utama tentang pertumbuhan ekonomi dan penanggulangan inflasi.

Selain Salatiga, pihaknya juga akan mengunjungi penjabat wali kota atau Penjabat bupati di daerah lain.

“Dari sekian banyak Pj. Wali Kota yang ada di Indonesia kita akan mendatangi teman-teman yang sebagian yang terburuk dan sebagian yang terbaik,” jelas dia.

Kedatangan tim tersebut disambut baik oleh Pj Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi beserta Sekda dan seluruh jajaran pemerintah Kota Salatiga.

Sinoeng mengaku bahagia atas kedatangan tim dari Itjen Kemendagri. Pihaknya akan melakukan perbaikan dan koreksi untuk kinerja ke depan lebih baik.

”Banyak hal yang perlu kita perbaiki dan koreksi baik kinerja, pelayanan publik, peningkatan keberpihakan masyarakat, daya saing daerah serta kepatuhan terutama terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dalam konteks itu bagaimana input dan evaluasi dalam LPPD,” jelas Sinoeng.

Menurut dia, muara dari itu semua, akan terus mempertahankan terkait kinerja pemerintahan yang baik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pihaknya akan mempertahankan terkait kinerja yang lebih baik untuk masyarakat Salatiga.

“Kita juga akan jaga integritas. Dari integritas tersebut akan memberikan multiplier effect terhadap komitmen kita untuk bangsa dan negara, dan sukses untuk Kota Salatiga,” papar Sinoeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya