SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Izin usaha mikro kecil diberikan kepada ribuan pelaku usaha di Temanggung.

Semarangpos.com, TEMANGGUNG-Bank BRI Cabang Temanggung dan Cabang Parakan menyerahkan sebanyak 1.307 kartu naskah izin usaha mikro kecil (IUMK) pada pelaku usaha mikro kecil (PUMK) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Pimpinan Cabang Bank BRI Temanggung, Prawata, di Temanggung, Rabu (20/1/2016), mengatakan sejumlah kartu IUMK yang diserahkan tersebut merupakan bagian program tahap awal sebanyak 8.000-an kartu IUKM yang bakal diterbitkan.

“Sejumlah PUMK tersebut tersebar di 20 kecamatan di Temanggung. Sisanya kami targetkan sudah selesai sebelum akhir 2016,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya bersama Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung tengah melakukan pendataan untuk menyelesaikan target tersebut.

Ia menuturkan IUMK merupakan bukti pengakuan usaha oleh pemerintah. Melalui IUMK itu PUMK dapat mengakses fasilitas permodalan di Bank BRI melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Temanggung, Rony Nurhastuti mengatakan terdapat sekitar 3.000 pelaku usaha mikro dan kecil di Pasar Legi Parakan yang bisa digarap untuk program tersebut.

Ia menuturkan jika BRI tertarik menggarapnya pihaknya dapat menfasilitasi dalam pendataan sehingga mereka memperoleh IUMK dan bisa mengakses KUR.

“Kini pedagang sedang membutuhkan permodalan, BRI bisa menolong mereka agar usahanya semakin baik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya