SOLOPOS.COM - Rektor Undip, Prof. Sudharto (dcradio.undip.ac.id)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Universitas Diponegoro Semarang hingga Kamis masih menyusun jadwal penyelenggaraan pemilihan rektor, menyusul diangkatnya rektor terpilihnya sebagai menteri.

“Waktunya [pilrek] belum ditentukan. Hingga sekarang ini, senat masih menyusun jadwal terkait dengan pelaksanaan pilrek

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Rektor Undip, Prof. Sudharto (dcradio.undip.ac.id)

ulang,” kata Rektor Undip Prof. Sudharto P. Hadi di Semarang seperti dikutip Antara, Kamis (11/12/2014).

Sebagaimana diwartakan, rektor terpilih Undip Prof. Muhammad Nasir diangkat sebagai Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Sesuai dengan petunjuk Menteri Ristek dan Dikti, Sudharto mengatakan bahwa masa jabatannya sebagai rektor akan diperpanjang sampai rektor definitif Undip terpilih melalui pelaksanaan pilrek.

“Profesor Nasir kan belum dilantik menjadi rektor, baru rektor terpilih. Terkait dengan pilrek, senat akan segera membentuk kepanitiaan dan jadwal pilrek. Secepatnya,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan Pilrek Undip nantinya masih akan menggunakan sistem lama sesuai dengan peraturan yang mengatur perguruan tinggi yang berstatus sebagai badan layanan umum (BLU).

Memang, kata dia, Undip sekarang ini tengah dalam proses transisi dari status BLU menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH). Akan tetapi, pilrek tetap menggunakan aturan sesuai dengan BLU.

“Kalau menggunakan aturan PTN-BH, prosesnya (pilrek, red.) akan memakan waktu yang tidak sebentar. Namun, nanti rektor definitif setelah saya langsung menerapkan pengelolaan dengan sistem PTN-BH,” katanya.

Sudharto memprediksi pada pilrek nanti akan muncul nama-nama baru yang sebelumnya tidak mencalonkan diri, sementara dirinya tidak mencalonkan lagi sebagai rektor karena sudah memasuki usia pensiun.

“Ya, hingga sekarang memang belum ada pendaftar [bakal calon rektor]. Namun, kelihatannya nanti pendaftarnya akan banyak [dalam pilrek],” pungkas Sudharto.

Sebelumnya, Pilrek Undip periode 2014-2018 diikuti empat bakal calon, yakni Prof. M. Nasir (Fakultas Ekonomika dan Bisnis), Prof. M. Syafruddin (FEB), Prof. Lazarus (Fakultas Hukum), dan Prof. Purwanto (Magister Ilmu Lingkungan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya