SOLOPOS.COM - Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng Noegroho Rachmadi, saat memberikan pernyataan di ruang kerjanya. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota Salatiga mempersiapkan rangkaian acara memperingati HUT ke-1272 pada 24 Juli 2022 mulai dari Kirab Budaya hingga penampilan artis ibu kota, seperti Dewi Persik, Elvy Sukaesih, Yeni Inka, dan lain-lain.

Ketua Panitia HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Hari Jadi ke-1272 Kota Salatiga, dan Hari Koperasi ke-75 tahun 2022, Wuri Pujiastuti, menyampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga menyiapkan serangkaian acara pada hari istimewa tersebut.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Rangkaian acara yang dimaksud Kirab Budaya, Salatiga Kenduri dan Road to Kilau Raya MNC TV, Seminar Sejarah, Ngopi TATV & Monumen Pers. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi ke-1272 Salatiga.

“Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-1272 Salatiga, panitia akan menyelenggarakan acara Kirab Budaya, Salatiga Kenduri, serta Road to Kilau Raya MNC TV,” ujar Wuri melalui siaran pers yang diterima Solopos.com, Rabu (20/7/2022).

Nah, berikut ini Solopos.com rangkumkan rangkaian acara memperingati HUT ke-1272 Kota Salatiga sekaligus dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI dan Hari Koperasi ke-75 tingkat Kota Salatiga.

Baca Juga : Salatiga, Kota Tertinggi & Tertua di Jawa Tengah

1. Acara Kirab Budaya

Acara Kirab Budaya tersebut akan melibatkan banyak pihak terkait di lingkungan Pemkot Salatiga, seperti Staf Ahli Wali Kota, Asisten Sekda, Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan lain-lain.

Seluruh pihak terkait tersebut akan mengikuti Kirab Budaya dengan berjalan kaki pada Minggu (24/7/2022). Rombongan Kirab Budaya berangkat dari Rumah Dinas Wali Kota Salatiga.

Rute Kirab Budaya pada Minggu dimulai dari Jl. Jendral Sudirman-Jl. Sukowati-panggung kehormatan di depan halaman gedung DPRD-finish. Peserta Kirab Budaya akan mengenakan pakaian khas daerah nusantara.

“Masing-masing OPD dan BUMD akan mengirimkan kontingen peserta kirab dengan tema sesuai tupoksi masing-masing OPD. Rombongan akan dipimpin wakil/sekretaris masing-masing dan diikuti segenap staf/karyawan. Pak lurah beserta staf akan masuk dalam kontingen kecamatan masing-masing,” jelasnya.

Kirab Budaya juga akan dimeriahkan dengan rombongan Uluk-Uluk Reog Ponorogo, Salatiga Carnival SIC, Marching Band SMP Kristen 2, pawai artis ibu kota, dan lain-lain.

Baca Juga : Fakta Unik Kota Tertinggi di Jawa Tengah, Tertua di Indonesia Hlo

2. Acara Salatiga Kenduri

Acara Salatiga Kenduri merupakan manifestasi rasa syukur dan toleransi untuk mendukung keanekaragaman dalam memperingati Hari Jadi ke-1272 Salatiga.

Acara Salatiga Kenduri dilaksanakan pada Minggu (24/7/2022) pukul 16.30 WIB atau setelah Kirab Budaya. Lokasi acara di sekitar Pandapa Pakuwon.

“Akan ada gunung kenduri dari Kecamatan Tingkir, Argomulyo, Sidomukti, Sidorejo,” tuturnya.

3. Acara Road to Kilau

Ada serangkaian acara dimulai dari pawai artis saat Kirab Budaya. Selain itu, akan dilaksanakan lomba seleksi KDI pada Jumat-Sabtu (22-23/7/2022) di Teater Mini Bung Karno DPRD.

Acara lainnya adalah Happy Fun, seperti senam bersama, lomba karaoke, lomba menari atau dance, lomba menghias tumpeng, lomba menggambar, dan lain-lain. Acara tersebut dilaksanakan pada Minggu mulai pukul 07.00 WIB di Taman Wisata Sejarah Salatiga (TWSS).

Baca Juga : Pendopo 456 Salatiga, Rest Area View Terindah di Indonesia

Puncak acara adalah pertunjukan artis ibu kota yang disiarkan langsung MNC TV mulai pukul 19.00 WIB di Taman Wisata Sejarah Salatiga. “Artis pendukung ada Dewi Persik, Elvy Sukaesih, Yeni Inka, Bagindas Band, Aksi Limbad,” ungkapnya.

4. Seminar Salatiga Dalam Lintasan Sejarah

Seminar Salatiga dalam Lintasan Sejarah membahas sejarah, peran, dan kedudukan Salatiga dalam Lintasan Sejarah Nusantara. Acara tersebut disiarkan langsung melalui TATV dan Monumen Pers pada Selasa (26/7/2022) pukul 13.00 WIB-15.00 WIB di Pendapa Pakuwon Setda.

Pada kesempatan itu hadir sebagai keynote speaker seminar rangkaian acara HUT ke-1272 Salatiga adalah Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Pj Wali Kota, dan Ketua DPRD Kota Salatiga.

5. Ngobrol Pintar (NgoPi)

Dialog mengulas peran museum dalam mendukung pariwisata dan kebudayaan Kota Salatiga pada Selasa (26/7/2022) pukul 15.30 WIB-16.00 WIB. Acara tersebut disiarkan live TATV di Pendapa Pakuwon Setda.

Baca Juga : Resep Rahasia Tumpang Koyor, Kuliner Legendaris Salatiga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya