SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan. (Freepik.com)

Solopos.com, PEKALONGAN — Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan membangun jalan dan jembatan menuju objek wisata Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana, tepatnya Jalan WR Supratman. Selama ini, jalan tersebut dikenal sering dilanda rob sehingga menimbulkan kerusakan jalan.

Anggaran yang disiapkan dalam peningkatan jalan menuju objek wisata TWL Pantai Pasir Kencana dan tempat pelelangan ikan (TPI) sekitar Rp1,9 miliar. Di samping itu, juga disiapkan anggaran Rp5,9 miliar untuk pembangunan jembatan di jalan tersebut.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Saat ini, progres pekerjaan peningkatan jalan dan jembatan di kawasan tersebut sebesar 72,38 persen serta pedestrian drainase 33,57 persen. Pelaksanaan pekerjaan fisik di sepanjang Jalan WR Supratman dimulai dari objek wisata TWL Pantai Pasir Kencana hingga ke selatan depan Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara.

“Ya, ada dua pekerjaan utama di Jalan WR Supratman tersebut, yaitu peningkatan jalan dan pembangunan jembatan. Keduanya merupakan perbaikan drainase dan pedestrian dengan drainase. Untuk pembangunan drainase dan pedestrian di Jalan WR Supratman dibangun dengan saluran U-ditch 101 bh, box 33 bh, serta penataan pedestrian atau trotoar sisi kiri sepanjang 313 meter dan sisi kanan sepanjang 426 meter,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto, seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/10/2023).

Proyek pekerjaan drainase dan pedestrian dikerjakan oleh CV Narendra Exito Kota Pekalongan dengan nilai kontrak Rp1,9 miliar dalam waktu pekerjaan 120 hari kalender hingga 11 Desember 2023 dan jangka waktu pemeliharaan 180 hari.

Sedangkan peningkatan jalan dan pembangunan jembatan dengan konstruksi pengerasan beton sepanjang 649 meter dan lebar 11 meter yang dikerjakan CV Alv Prima Education ditargetkan selesai 6 Desember 2023.

“Kami berharap pekerjaan fisik Jalan WR Supratman ini bisa segera selesai agar banjir atau rob di kawasan menuju objek Wisata Taman Wisata Laut Pantai Pasir Kencana maupun TPI tersebut bisa semakin teratasi,” katanya.

Sumber: Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya