SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jalur kereta api alternatif daru Purwokerto dan Banyumas ambles di Gunung Tugel. Panjang ruas jalan yang ambles sekitar 35-50 meter

 

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Kanalsenarang.com, BANYUMAS- Jalur alternatif yang menghubungkan Purwokerto dengan Banyumas ambles di Gunung Tugel, Desa Kedungrandu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Panjang ruas jalan menikung yang ambles itu sekitar 35-50 meter dengan kedalaman sekitar 20-80 centimeter dan lebar retakan berkisar 10-15 centimeter.

Salah seorang warga, Sobri Kuncung, mengatakan jalan ambles itu terjadi sejak Senin dini hari setelah diguyur hujan sejak Minggu (1/2/2015) sore hingga malam.

“Sebelumnya memang sudah ada retakan di ruas jalan itu sehingga ambles secara bertahap namun sejak dini hari tadi, amblesnya semakin dalam dan parah sehingga sangat berbahaya bila dilalui kendaraan roda empat atau lebih,” katanya seperti dikutip Antara, Senin (2/2/2015).

Oleh karena itu, kata dia, beberapa warga berinisiatif berjaga di sekitar lokasi ambles guna mengantisipasi kemungkinan adanya kendaraan roda empat yang nekat melintas meskipun di ujung jalan sudah ditutup oleh kepolisian.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kabupaten Banyumas Irawadi mengatakan pihaknya telah mengecek lokasi jalan ambles.

“Kami menduga amblesnya jalan itu akibat konsentrasi air yang masuk melalui retakan yang terjadi sebelumnya sudah jenuh sehingga tanahnya tidak mampu lagi bertahan,” katanya.

Dia juga menduga kondisi tanah di sekitar lokasi jalan yang ambles itu labil sehingga mudah bergerak.

Menurut dia, dugaan tersebut muncul karena tanah sawah di bagian bawah jalan yang ambles juga terlihat adanya retakan.

“Kami masih melakukan kajian lebih lanjut terkait kondisi jalan tersebut, termasuk mendatangkan tenaga ahli untuk mengecek kondisi tanah sebelum memperbaiki jalan yang ambles itu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya