SOLOPOS.COM - Gunung Sumbing tampak dari Gunung Sindoro, Minggu (2/8/2020). (Solopos/Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Salah satu jalur pendakian di Gunung Sumbing yang paling populer selama ini, yakni melalui Pos Garung. Namun di luar pos tersebut, masih terdapat jalur pendakian lain yang patut dicoba saat mendaki Gunung Sumbing.

Gunung Sumbing yang memiliki ketinggian 3.371 mdpl ini berlokasi di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo. Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Berikut ini jalur pendakian di Gunung Sumbing yang patut dicoba para pendaki:

1. Via Pos Garung

Dilansir dari id.wikipedia.org pada Rabu (25/1/2023), Pos Garung tergolong jalur pendakian paling populer adalah melalui Pos Garung. Lokasinya terletak di sebuah Desa Garung (Wonosobo) di kaki bagian utara Gunung Sumbing, di kawasan Kledung Pass. Diketahui, trek pendakian di Gunung Sumbing lebih berat dibandingkan Gunung Sindoro karena gradien kemiringan yang terjal dan rute lebih panjang.

2. Via Dusun Butuh Magelang

Jalur pendakian berikutnya yang perlu dicoba selanjutnya via Dusun Butuh Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang. Dilansir dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, jalur via Desa Butuh diklaim sebagai jalur pendakian di Sumbing paling cepat.

Jalur ini relatif sepi dan syahdu. Jalur ini menawarkan panorama yang indah. Selain itu, pendaki dapat memijakkan kaki di Puncak Sejati Gunung Sumbing.

3. Via Bowongso

Dikutip dari pendakiawp.com, jalur pendakian berikutnya di Gunung Sumbing, yakni via Bowongso. Basecamp Bowongso terletak di Desa Bowongso, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jalur Bowongso ini berada di sisi barat Gunung Sumbing dan basecamp-nya sendiri sudah berada di ketinggian 1400 mdpl.

4. Via Gajah Mungkur

Dilansir dari mounture.com, jalur pendakian yang lain, yakni via Gajah Mungkur. Basecamp Gajah Mungkur terletak di Desa Lamuk, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

5. Via Batusari

Dikutip dari mayapala.or.id, jalur pendakian Gunung Sumbing juga bisa dilakukan via Batusari. Batursari adalah desa yang berada di Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa tengah. Lokasinya tidak begitu jauh dari jalan utama Temanggung-Wonosobo kurang lebih 800 meter. Jalur ini tergolong baru karena dibangun Mei 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya