SOLOPOS.COM - Sejumlah pemuda Kelurahan Krapyak Kota Pekalongan sedang melakukan peletakan lopis raksasa yang dipersiapkan pada acara tradisi Syawalan, Kamis (27/4/2023). (Solopos.com-Antara/Humas Pemkot Pekalongan)

Solopos.com, PEKALONGAN — Kegiatan Festival Lopis Raksasa untuk memeriahkan tradisi Syawalan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), akan digelar Sabtu (29/4/2023) ini.

Ketua Pelaksana Acara Syawalan dan Pemotongan Lupis Raksasa 2023, Muhammad Zuhdi Assyauqi, mengatakan pada puncak perayaan tradisi Syawal 1444 Hijriah ini telah disiapkan lopis raksasa seberat 1.830 kilogram, berdiameter 250 sentimeter, dan tinggi 223 sentimeter.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

“Kami berharap perayaan tradisi Syawalan dengan pemotongan lopis raksasa itu bisa berjalan tertib, lancar, dan aman,” katanya.

Menurut dia, proses memasak lopis raksasa ini diawali dengan pencucian beras ketan sebagai bahan dasar lopis yang dimulai sejak H+3 Lebaran. Kemudian bahan-bahan lopis tersebut dimasukkan ke dandang berukuran besar dan dikukus hingga setengah matang, serta ditumbuk dahulu, dan selanjutnya dimasukkan ke keranjang lopis raksasa yang telah disiapkan.

Muhammad Zuhdi Assyauqi mengatakan proses merebus beras ketan menjadi lopis raksasa ini akan membutuhkan waktu 2 hari 2 malam. “Setelah matang, lopis akan diangkat dan didinginkan selama 2 hari atau sampai hari H Syawalan. Setelah jadi, nantinya lopis raksasa tersebut akan dipotong oleh Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid untuk dibagikan secara gratis pada masyarakat yang hadir saat perayaan Syawalan,” katanya.

Dikatakan, persiapan pembuatan lopis raksasa yang diprakarsai oleh remaja Musala Darun Naim, Kelurahan Krapyak, ini membutuhkan waktu 1,5 bulan.

“Untuk pembuatan lopis ini dari mulai anak kecil, remaja, hingga orang tua, akan terlibat langsung karena lopis ini memiliki filosofi merekatkan persatuan dan kesatuan, serta saling menghormati perbedaan yang ada,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya