SOLOPOS.COM - Stan di Jateng Fair 2023, Kota Semarang, terlihat sepi pengunjung, Sabtu (9/7/2023). (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, SEMARANG — Event tahunan Jateng Fair kembali digelar di Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sejak 30 Juni-16 Juli 2023. Kendati demikian, ajang yang digelar khusus untuk mempromosikan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) itu tampaknya sepi peminat atau pengunjung.

Sejumlah pedagang yang menyewa stan di Jateng Fair 2023 bahkan sempat mengeluhkan sepi pengunjung di event tahunan yang menjadi andalan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng itu. Hal itu dikarenakan jumlah pemasukan hingga pekan kedua, bahkan saat weekend tidak sesuai dengan hargaa sewa stan yang dianggap mahal.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Kalau dibilang sepi banget ya tidak, tapi enggak bisa kalau dibilang ramai, ya sepi lah! Bedalah antara tahun 2018, mungkin karena Covid-10 jadi sepi,” ujar seorang pedagang di Jateng Fair 2023 yang karib disapa Agus kepada Solopos.com, Sabtu (8/7/2023) malam.

Agus juga mengeluhkan tingginya harga sewa stan di event Jateng Fair 2023. Ia bahkan takut tidak tutup modal lantaran pengunjung sedikit, sementara harga sewa lapaknya tinggi.

“Stan di sini harganya mahal, saya sewa sekitar Rp25 juta hanya untuk tempatnya. Kita kan sebenarnya kalau sepi juga tidak cocok sama harga stannya,” keluh Agus.

Seorang pengunjung asal Kabupaten Kendal, Fikri, 27, juga mengeluhkan sepinya event Jateng Fair 2023. Bahkan, ia menilai sepinya event tersebut tidak sebanding dengan harga tiket masuk yang tergolong mahal, yakni Rp15.000 hingga Rp30.000.

“Ke sini memang sengaja, masuknya mahal ya Rp30.000. Sebenarnya kurang worth it ya, terlalu mahal kalau buat tiket masuk saja, enggak dapat apa apa. Mau naik bianglala juga harus bayar lagi,” imbuhnya.

Jateng Fair merupakan event tahunan yang dikelola oleh BUMD Jateng, PT PRPP. Event ini rutin digelar setiap tahun untuk mempromosikan berbagai daya tarik atau potensi provinsi yang dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo.

Jateng Fair dikemas dengan konsep pesta rakyat. Tidak hanya berisi stan hiburan dan promosi, event ini juga menyajikan aneka wahana permainan. Selain itu, setiap malam Jateng Fair juga menghadirkan deretan artis baik dari dalam kota maupun luar kota di panggung hiburan.

Jateng Fair 2023 mengusung tema Inspiring Batik, dengan target menyerap sekitar 500.000 pengunjung, karena bertepatan dengan momen libur sekolah. Meski demikian, dengan kondisi yang sepi itu, Jateng Fair tahun ini sepertinya tidak mampu memenuhi target pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya