SOLOPOS.COM - Situasi di Gerbang Tol Kalikangkung saat puncak arus mudik beberapa waktu lalu. (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Menjelang arus balik Lebaran atau H+2 Lebaran pada Kamis (5/5/2022), arus kendaraan yang masuk ke Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), masih terlihat ramai. Meski pun, volume kendaraan yang masuk ke tol Kalikangkung itu tak sepadat saat puncak arus mudik pada 29 April lalu.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), Prajudi, saat dikomfirmasi, Rabu (4/5/2022) malam. Ia mengatakan masih ada sekitar 50.000 kendaraan per hari yang masuk ke GT Kalikangkung.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

“GT Kalikangkung sekarang masih padat, ini agak ke suprise [mengejutkan] juga berapa hari ini. Kami kira sudah habis ke arah Semarang, ternyata masih banyak,” kata Prajudi.

Meski masih ada puluhan pemudik yang memasuki GT Kalikangkung, hal itu tidak sampai membuat kemacetan. Hal ini dikarenakan puncak arus mudik telah terjadi pada H-2 Lebaran.

“Cuma ini enggak sampai macet atau padat kaya hari Jumat atau Sabtu [30/4/2022]. Jadi memang masih ada kepadatan, tapi lancar,” jelas dia.

Baca juga: Lebaran Hari Kedua, Lalu Lintas di Tol Kalikangkung Semarang Sepi

Sedangkan jika dibandingkan pada Lebaran 2019 lalu, pada 2022 terdapat kenaikan hingga 7 persen. Kenaikan volume kendaraan ini terhitung sejak H-10 hingga hari H Lebaran yang tercatat hingga 430.000 kendaraan.

Lebih lanjut, mengenai kondisi arus balik ke arah Jakarta, Jasa Marga menyebut mulai terlihat pergerakan. Namun, angka tersebut belum terlalu signifikan.

“Sekarang sudah kelihatan [kendaraan] ke arah baratnya, mulai agak sedikit ramai ini, berimbang sama arah timur juga. Mungkin sudah ada yang mulai balik,” beber dia.

Terkait antisipasi arus balik Lebaran, pihaknya tetap akan berpedoman pada skenario sebelumnya. Skenario itu berupa penerapan lajur satu arah atau one way dan memaksimalkan kapasitas pemberdayaan secara maksimal.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, Begini Kepadatan Kendaraan di Tol Japek Karawang

“Selebihnya kita main di gardu tol. Misal dari barat meningkat, kita tambah pintu keluarnya, begitu juga sebaliknya,” pungkas dia.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang diterima dari Pos Terpadu GT Kalikangkung per Rabu (4/5/2022) hingga pukul 18.00 WIB ini, menunjukkan ada 30.369 kendaraan dari arah Jakarta yang masuk ke arah Semarang. Sedangkan arah sebaliknya mencapai 25.969 kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya