SOLOPOS.COM - Suasana rest area yang berada di KM 439A Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (2/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, UNGARAN – Dalam rangka untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan para pemudik, Rest Area KM 439A yang berada di Kecamatan Bawen mulai dibuka sementara. Rest area tersebut sudah dibuka jelang arus mudik tepatnya sejak 31 Maret 2024 lalu sampai dengan 21 April 2024 nanti.

Pengelola Rest Area KM439A, Tohari menjelaskan, rest area tersebut berjarak sekitar 10 kilometer dari Rest Area KM429A Tol Ungaran. Sehingga nantinya bisa untuk mengakomodir para pemudik yang melaju dari arah Jabodetabek.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

“Ini nantinya bisa sebagai pengurai arus jika di Rest Area KM 429A mengalami penumpukan,” kata Tohari, Selasa (2/4/2024).

Dikatakan, ada beberapa fasilitas yang sudah dipersiapkan untuk melayani para pemudik. Diantaranya terdapat tiga SPBU modular berkapasitas 22 kiloliter, stasiun pengisian kendaraan listrik, kapasitas lahan parkir lebih dari 250 mobil, toilet, musala, minimarket mobile, hingga tenant kuliner.

“Meskipun belum diresmikan atau beroperasi secara penuh, rest area itu sudah memiliki sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik,” ungkapnya.

Saat puncak arus mudik nanti, pihaknya akan membatasi kendaraan-kendaraan yang masuk ke rest area dengan durasi sekitar 30 menit. Hal tersebut agar tidak terjadi kepadatan dan bisa bergantian dengan pemudik yang lain.

“Kalau sudah lebih dari 30 menit akan kami ingatkan untuk melanjutkan perjalanan agar bisa bergantian dengan pemudik yang lain,” terangnya.

Pihaknya memperkirakan akan terjadi kenaikan volume kendaraan mulai tanggal 5 April hingga menjelang lebaran. Terbukti hari pertama dibuka, sudah terdapat beberapa kendaraan yang masuk ke rest area tersebut.

Setelah masa Lebaran nanti, pihaknya pengelola akan mempercepat proses pembangunan yang ditargetkan selesai pada Desember tahun ini.

“Keunggulan dari rest area ini yaitu lahan parkir yang terpisah dengan pusat kuliner, UMKM dan perbelanjaan,” jelasnya.

Nantinya, pusat perbelanjaan dan kuliner yang akan difokuskan satu tempat. Sehingga para pemudik atau pengunjung rest area tidak menyebabkan kepadatan di satu tempat.

“Kemudian nanti untuk SPBU disini akan memiliki delapan tangki dengan kapasitas masing-masing 45 kiloliter,” lanjutnya.

Di sisi lain, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan yang berada di sekitar rest area. Karena lokasi rest area tersebut dikelilingi oleh perbukitan yang rindang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya