SOLOPOS.COM - Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi saat berziarah di makam mantan Wali Kota Salatiga, John Manuel Manopo, Selasa (18/7/2023). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Mendekati Hari Jadi Kota Salatiga ke-1.273, Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N., Rachmadi berziarah ke makam mantan Wali Kota, John Manuel Manoppo di Makam Ngemplak Dukuh, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan itu langsung disambut Rosa Darwanti selaku perwakilan keluarga dari mantan wali kota periode 2007-2011. Saat acara berlangsung, Sinoeng datang bersama rombongan Panitia Peringatan HUT Ke-1.273 Salatiga.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kegiatan ziarah itu diawali dengan membacakan doa yang dipimpin Kabag Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Salatiga, Dr., Siswo Hartanto. Selanjutnya, Penjabat Wali Kota meletakkan karangan bunga di atas makam.

Penjabat Wali Kota mengajak generasi muda untuk meneladani semangat mendiang John M., Manoppo.

“Bersyukur sekali, saat ini ziarah ke makam salah satu pemimpin Kota Salatiga pada era sebelumnya, yaitu Bapak John Manuel Manoppo dan diizinkan oleh ibu Rosa John Manoppo beserta keluarga untuk bisa berziarah di sini dan mendoakan,” ungkap Sinoeng, Selasa (18/7/2023).

Sinoeng meminta kepada seluruh jajaran agar kebiasaan-kebiasaan ini selalu dilakukan. Sebagai pengingat untuk mikul duwur mendem jero.

Menurutnya, pemimpin-pemimpin sebelumnya telah memberikan inspirasi dan semangat.

“Pak John M Manoppo telah membuktikan selalu memberikan semangat juang dan semangat pengabdian dan dedikasi yang tak pernah kunjung padam laksana api yang terus menyala-nyala. Dan kita mewarisi apinya, semangatnya, bukan mewarisi abunya. Artinya, setiap generasi pemuda dan generasi penerus akan terus mewarisi daya juang dari beliau,” sebutnya.

Sinoeng mengaku kegiatan ziarah ini dalam rangka peringatan Hari Jadi Salatiga. Salah satunya dengan melakukan ziarah ke makam mantan Wali Kota Salatiga, John M., Manoppo.

“Tentu, saya juga meminta restu dari keluarga besar Bapak John untuk bisa mengemban amanah menjadi Penjabat Wali Kota dan bisa sesuai harapan serta dapat melanjutkan cita-cita beliau,” tandas Penjabat Wali Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya