SOLOPOS.COM - Penampilan Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) UKSW Salatiga untuk persiapan kompetisi internasional paduan suara di Busan, Korea Selatan. Foto diambil, Rabu (27/9/2023) malam. (Istimewa/UKSW Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Penampilan menawan kembali disuguhkan oleh paduan suara mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Voice of Satya Wacana Christian University (SWCU) Salatiga dalam Precompetition Concert, Rabu (27/9/2023) malam. Konser yang bertempat di Balairung Universitas ini bertajuk Laudem Gloriae Road to 19th Busan Choral Festival and Competition 2023.

Lagu Magnificat Primi Toni membuka penampilan Voice of SWCU. Harmonisasi suara sopran, alto, tenor dan bass yang mengalun merdu dan seakan memikat penonton yang hadir. Delapan lagu disuguhkan oleh Voice of SWCU dalam konser yang terbagi menjadi dua sesi tersebut.

Dibalut busana kombinasi warna emas dan hijau, penampilan Voice of SWCU menyanyikan lagu Fajar dan Senja II berhasil menghipnotis penonton untuk memberikan applause dan sorakan meriah ketika lagu berakhir.

Lagu lain yang dinyanyikan secara berturut-turut pada sesi ini yaitu lagu Lux Aeterna, Joshua Fought The Battle, dan De Profundis.

Menariknya, sorak-sorai penonton tak henti terdengar ketika memasuki sesi kedua. Suasana konser pada sesi ini tampak berbeda karena Voice of SWCU kembali berdiri di atas panggung dengan mengenakan pakaian adat dari lagu daerah yang dibawakan.

Ketiga lagu daerah tersebut, yaitu Tak Tong Tong dari Sumatera Barat, Oh Adingkoh dari Kalimantan Tengah, dan Benggong dari Manggarai Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tak hanya itu, penampilan spesial dari vokal grup Lentera Kasih dan Amici Miei Choir Sekolah Dasar Kristen 03 Eben Haezer turut mengisi konser malam ini.

Saat ditemui di sela acara, Manajer Voice of SWCU, Juanita Theresia Adimurti, menuturkan konser itu merupakan bentuk persiapan Voice of SWCU untuk mengikuti kompetisi paduan suara internasional di Busan, Korea Selatan pada Oktober 2023.

“Acara malam ini sebagai try out panggung bagi Voice of SWCU dan permohonan doa restu dari keluarga karena kami akan mengikuti kompetisi 19th Busan Choral Festival and Competition 2023 di Busan,” terang Juanita, Rabu.

Lebih lanjut disampaikannya, Voice of SWCU akan mengikuti kompetisi internasional pada tanggal 18 hingga 21 Oktober 2023 mendatang. Dua kategori yang akan diikuti Voice of SWCU dalam ajang ini adalah mix quayer dan folklor, serta menampilkan lagu yang sama dengan konser ini

“Kami akan berangkat pada tanggal 15 Oktober mendatang. Pada ajang ini kami akan memberangkatkan sebanyak 42 orang yang terdiri atas anggota Voice of SWCU, conductor, pelatih dan pemain musik,” ungkap Juanita Theresia yang juga merupakan Dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Juanita Theresia juga berharap Voice of SWCU dapat memberikan penampilan terbaik pada kompetisi internasional tersebut.

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kewirausahaan (WR RIK), Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono dan Wakil Rektor Bidang Keuangan, Infrastruktur dan Perencanaan (WR KIP), Priyo Hari Adi, Ph.D., Ak.

Dalam sambutannya, Prof. Eko Sediyono, memberikan dukungan dan semangat kepada Voice of SWCU. Ditambahkannya, acara malam ini merupakan ajang pemanasan bagi Voice of SWCU sehingga nantinya mereka bisa mempersiapkan yang terbaik.

“Terima kasih atas suasana yang diberikan malam ini. Pimpinan universitas sangat mendukung kegiatan ini dan saya yakin Voice of SWCU akan membawakan hasil yang luar biasa,” imbuhnya.

Sementara itu, Priyo Hari Adi berkesempatan melepas tim Voice of SWCU untuk mengikuti kompetisi internasional tersebut. Prosesi pelepasan tim Voice of SWCU ditandai dengan penyerahan bendera UKSW oleh Priyo Hari Adi kepada Manajer Voice of SWCU Juanita Theresia dan bendera Indonesia kepada conductor Voice of SWCU Eriyani Tenga Lunga, dan pelatih Voice of SWCU Bagus Gangsar Wibisono.

Priyo Hari Adi berharap tim Voice of SWCU dapat berkompetisi dengan baik dan pulang membawa nama harum UKSW.

“Saya atas nama pimpinan mengucapkan selamat berkompetisi. Semoga bisa membawa hasil yang baik dan menjadi hormat kemulian bagi Tuhan,” imbuhnya.

Tak lupa, Priyo Hari Adi juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung Voice of SWCU.

“Dengan penuh syukur kami juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan teman-teman yang telah mendukung tim ini. Kami berharap nantinya mereka bisa tampil dengan maksimal,” tandasnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya