SOLOPOS.COM - Petugas memeriksa lampu bus saat melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) di Terminal Kalideres, Jakarta, Senin (19/12/2022). (Antara/Fauzan)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng kembali mengintensifkan ramp check kendaraan menjelang arus mudik dan Lebaran 2023 di 22 Terminal Tipe B.

Pelaksana harian (Plh) Dishub Jateng, Syurya Deta Syafrie, mengatakan permasalahan yang sering didapati saat melakukan ramp check, yakni di pengereman, tekanan udara, dan ketebalan ban.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Hasil ini, mengacu pada angka temuan nasional dari Kemenhub yang menyebut sebanyak 85% bus laik jalan dan 15 persen bus tak laik jalan.

“Temuan itu dilihat secara agregat nasional sepanjang 2023 [sampai Maret]. Kendala tidak lain jalannya karena tekanan udara, rem, dan, ban yang sudah perlu diganti,” kata Deta kepada Solopos.com, Jumat (7/4/2023).

Deta pun menyampaikan, pengusaha angkutan yang didapati busnya tidak lain jalan itu telah diminta melakukan perbaikan di waktu selanjutnya. Baik yang memiliki masalah di pengereman, tekanan udara, maupun ketebalan ban.

“Setelah sudah diganti atau diperbaiki, baru kami lakukan pengecekan ulang. Bila sudah benar-benar laik, baru diberi stiker laik jalan,” katanya.

Dishub Jateng telah mengintensifkan kembali ramp check kendaraan sejak akhir Maret 2023. Pada persiapan arus mudik kali ini, pihaknya memfokuskan pada cek administrasi dan cek visual ataun kondisi mesin.

Ramp check kami lakukan rutin. Namun mulai gencar lagi akhir Maret. Kami cek KIR-nya [uji kendaraan bermotor], hidup atau enggak administrasinya. Terus kondisi lampu, mesin, klakson, sampai pengereman. Itu kami cek semua,” jelasnya.

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Semarang, Bambang Pranoto Purnowo, mengaku terkaitkesiapan atau pengecekan armada para pengusaha bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) sudah dimulai jauh-jauh hari. Langkah ini untuk memastikan setiap armada yang melayani pemudik dalam kondisi prima dan laik jalan.

“Armada sudah siap. Kami sudah melakukan pemeriksaan bersama kepolisian dan juga Dishub. Kami juga telah menyiapkan armada tambahan,” beber Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya