SOLOPOS.COM - TV Analog bisa menerima siaran TV Digital dengan memasang perangkat Set Top Box (STB). (Siarandigital.kominfo.go.id)

Solopos.com, SEMARANG – Migrasi siaran televisi analog ke digital secara serentak akan dimulai pada Rabu (2/11/2022) pukul 24.00 WIB. Migrasi itu akan dilakukan Pemerintah Pusat di seluruh wilayah di Indonesia.

Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang, Soenarto, mengatakan pembagian alat penangkap siaran digital set top box (STB) sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Kota Semarang mendapatkan jatah 16.191 unit dan ditujukan kepada warga kurang mampu yang masih menggunakan televisi analog.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Semua telah disiapkan untuk migrasi siaran televisi digital, dari sosialisasi hingga pembagian STB. Terkait ‘switch off’ atau penghapusan siaran analog akan dimulai hari ini pukul 24.00 WIB,” kata Soenarto, Rabu.

Untuk pembagian STB , menurut Sunarto, dilakukan dengan melakukan verifikasi lebih dulu di tingkat RT dan RW. Tujuannya, agar pembagian jatah STB itu tepat sasaran.

Dalam pencatatan tersebut, diketahui ada sekitar 38.000 kurang mampu yang berhak mendapat bantuan STB. Maka dari itu, Sunarto mengatakan, akan ada pasokan STB tambahan dari pemerintah.

Baca juga: Cara Dapat Set Top Box Gratis dari Pemerintah untuk Nonton Siaran TV Digital

“Urusan pembagian STB Pemkot Semarang hanya melakukan pendampingan. Sedangkan, pelaksanaannya dilakukan Pemerintah Pusat langsung,” tuturnya.

Sejauh ini, sosialisasi terkait migrasi ke televisi digital sudah dilakukan. Sosialisasi dilakukan begitu pemerintah pusat mengumumkan rencana perpindahan ke televisi digital ini.

Kelebihan televisi digital ini antara lain terkoneksinya STB dengan early warning system (EWS). “Jadi ketika bencana datang masyarakat akan langsung mengetahuinya karena disiarkan di televisi,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya