SOLOPOS.COM - PENGAMANAN NATAL SEMARANG Anggota pasukan anti huru-hara Polda Jateng berbaris pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2013 untuk pengamanan Natal dan tahun baru, di Lapangan Pancasila Semarang, Jateng, Senin (23/12). Polda Jateng memprioritaskan pengamanan ekstra pada 180 dari 2.850 gereja di Jawa Tengah saat perayaan Natal 2013. ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Ilustrasi pengamanan Natal. (JIBI/Solopos/ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Jelang Natal 2014 di Banyumas, Pemkab Banyumas menyatakan semua elemen masyarakat siap untuk mengamankannya. 

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

 

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO – Bupati Banyumas Achmad Husein menyatakan bahwa seluruh elemen masyarakat bersama Polri dan TNI kompak untuk mengamankan perayaan Natal di kabupaten setempat.

“Insya Allah kita siap [amankan Natal]. Bahkan, dari teman-teman ormas [organisasi kemasyarakatan] seperti Banser dan Muhammadiyah juga kompak bahwa hajat agama apapun harus dilindungi dan amankan bersama sepanjang itu adalah agama yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Husein usai Apel Pengamanan Natal 2014 dan Tahun 2015 di Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto seperti dikutip Antara, Selasa (23/12/2014).

Menurut dia, pihaknya bersama Kepolisian Resor Banyumas juga telah menyiapkan pengamanan malam Tahun Baru 2015 termasuk berbagai antisipasi kemacetan.

Sementara Kepala Polres Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi Murbani Budi Pitono mengatakan bahwa sebanyak 450 personel dilibatkan dalam pengamanan Natal 2014 dan Tahun 2015 di Kabupaten Banyumas.

Dalam hal ini, kata dia, personel pengamanan tersebut tidak hanya dari Polres Banyumas tetapi juga dari Komando Distrik Militer 0701/Banyumas serta Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Banyumas.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga mendirikan delapan pos pengamanan di beberapa gereja, Terminal Bus Bulupitu Purwokerto, Stasiun Besar Purwokerto, Taman Rekreasi Andang Pangrenan Purwokerto, dan Lokawisata Baturraden.

“Secara keseluruhan ada 96 gereja yang kita amankan. Untuk gereja dengan jumlah umat yang sedikit dijaga oleh tiga personel, sedangkan gereja yang umatnya banyak dijaga oleh 15 personel,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan bahwa sesuai dengan standar operasional prosedur, tim dari Brimob akan melakukan sterilisasi gereja menjelang pelaksanaan misa malam Natal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya