SOLOPOS.COM - Penjabat Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat konferensi pers jelang Nataru di Warung Joglo Rini, Rabu (14/12/2022). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA–Menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Kota Salatiga memastikan stok sembako aman.

Hal itu diungkapkan Penjabat Wali Kota Salatiga Sinoeng N Rachmadi saat acara konferensi pers persiapan Nataru 2022.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Diakuinya, saat ini stok sembako di Kota Salatiga aman. Sedangkan untuk kenaikan harga relatif stabil.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari Dinas Perdagangan, kondisi kenaikan harga relatif stabil. Kota Salatiga belum sempat dilakukan operasi pasar,” ujar dia, Rabu (14/12/2022).

Sinoeng menjelaskan operasi pasar sendiri harus mempertimbangkan antara penjual, pembeli, dan produsen.

Baca Juga: Cerita Anggota Satpol PP Salatiga, Jadi Penjaga Trotoar hingga Copoti Iklan

Kalau harga stabil melakukan operasi pasar akan kontraproduktif.

“Operasi pasar sudah kita siapkan, namun belum kita eksekusi. Maka saya berpesan betul kepada kepala Dinas Perdagangan untuk mengawal dan mengendalikan harga yang ada di lapangan. Sembako dan elpiji sudah tersedia stok,” jelas dia.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Kusumo Aji mengaku pihaknya telah memantau harga kebutuhan pokok.

Hasilnya kondisi aman dan nyaman. Berkaitan dengan elpiji 3 kg stok saat ini juga aman. Tidak terjadi kelangkaan.

“Di Salatiga ada enam agen, di empat kecamatan. Agen tersebut sudah kami koordinasikan. Termasuk pangkalan dan pengecer. Ketersediaan pengecer ini mendapatkan alokasi dari pangkalan. Itu dikira ada kelangkaan. Stok kami pada 2022 Sebasar 3.163.000 tabung. Kami satu bulan yang lalu sudah mengajukan tambahan 7.280 tabung,” jelas dia.

Baca Juga: Amankan Nataru, Polres Boyolali Kerahkan 315 Personel dan Dirikan 7 Pospam

Diakuinya, stok elpiji saat ini masih tersisa 3.800-an tabung. Sementara rata-rata penggunaan sebulan sekitar 1.200 tabung. Masih sangat aman untuk ketersediaan menjelang Nataru.

“Jika ada kelangkaan di tingkat pengecer. Pembeli bisa mencarinya di pengecer tempat lain. Kami juga akan menyediakan informasi pengecer itu,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya