SOLOPOS.COM - Empat narapidana kasus tindak pidana terorisme (napiter) Lapas Pasir Putih Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), akhirnya memilih bertaubat setelah beberapa kali diberi pemahaman ajaran Islam agar bisa menyadari kesalahannya. (Dok Lapas Nusakambangan).

Solopos.com, CILACAP — Menjelang bulan Ramadan, empat narapidana kasus tindak pidana terorisme (napiter) Lapas Pasir Putih Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), bertaubat dengan mengucapkan sumpah ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Keempat napiter yang memutuskan untuk mengucapkan ikrar setia kepada NKRI itu masing-masing berinisial W, L, E, dan H. Mereka telah melalui proses pembinaan yang intensif sesuai standar operasional pekerja (SOP) selama beberapa bulan.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Mereka mendapat pemahaman tentang ajaran Islam yang benar dan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” kata Kepala Lapas Pasir Putih, Enjat Lukmanul Hakim, Kamis (7/3/2024).

Enjat menyampaikan setelah bertaubat, keempat napiter tersebut mengucapkan sumpah ikrar setia kepada NKRI sebagai bukti jika mereka kembali mengakui kedaulatan bangsa Indonesia. Tak lupa pihaknya turut mengapresiasi keputusan Kadivpas Kemenkumham Jateng, Kadiyono dan Kepala UPT Nusakambangan yang mendukung program deradikalisasi terhadap empat napiter tersebut.

“Terima kasih kepada Kadivpas dan Kepala UPT Nuskambangan yang telah hadir dalam kegiatan pada hari ini. Alhamdulillah, hari ini empat Napiter telah menyatakan ikrar setia kepada NKRI. Mereka telah menyadari kesalahannya dan bertekad kembali ke pangkuan ibu pertiwi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadivpas Kemenkumham Jateng, Kadiyono, mengucapkan ikrar setia kepada NKRI menjadi puncak momen pertaubatan para napiter. Ini juga jadi proses pembinaan yang bertujuan mengembalikan pemahaman napiter tentang Islam yang rahmatan lil alamin dan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Lapas Kelas IIA Pasir Putih dan stake holder terkait yang telah bekerja keras dan ikhlas dalam melaksanakan pembinaan narapidana terorisme. Kepada para narapidana terorisme yang telah menyatakan ikrar setia kepada NKRI, saya ucapkan selamat,” kata Kadiyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya