SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ibadah haji (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 13.776 calon haji asal Jawa Tengah (Jateng) dipastikan akan berangkat ke Tanah Suci, Makkah, pada tahun 2022 ini. Dari ribuan calon haji asal Jateng itu paling banyak berasal dari Kota Semarang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jateng, Mustain Ahmad, memastikan jumlah jemaah haji asal Jateng yang telah terverifikasi berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini mencapai 13.776 orang. Kuota jemaah haji paling banyak berasal dari Kota Semarang mencapai 931 orang. Sementara di urutan kedua dari Kabupaten Pati mencapai 597 orang. Sedangkan kuota jemaah haji paling sedikit dari Kota Magelang sekitar 72 orang dan Kota Tegal sekitar 108 orang.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

“Tahun ini embarkasi Solo memberangkatkan 34 kloter. Dimulai kloter satu yang masuk asrama tanggal 3 Juni dan terbang [berangkat] pada 4 Juni. Sedangkan kloter 43 [terakhir] masuk asrama tanggal 2 Juli dan terbang 3 Juli,” ujar Mustain, Senin (30/5/2022).

Mustain juga memastikan tidak ada calon haji dari Jateng yang berusia di atas 65 tahun. Hal itu sesuai dengan keputusan Pemerintah Arab Saudi yang hanya memperbolehkan kuota ibadah haji tahun ini untuk usia 65 tahun ke bawah.

Oleh karenanya, pihaknya pun hanya memberikan kuota ibadah haji kepada peserta berusia di bawah 65 tahun. Ia juga memastikan tidak ada calon haji yang mengundurkan diri.

Baca juga: Kuota Haji Jateng Berkurang 42% di Tahun 2022, Segini Jatahnya

“Tidak ada [mengundurkan diri], yang usia di atas 65 sudah tersaring secara sistem,” tegasnya.

Mustain menambahkan saat ini Asrama Haji Donohudan sebagai embarkasi telah melakukan persiapan dari sarana hingga prasarana, termasuk perbaikan fisik guna menampung jemaah haji. “Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi kami siapkan kolaboratif segenap instansi atau lembaga terkait. Petugas kloter kami Bintek (bimbingan teknik) juga serentak 172 orang untuk 43 kloter, tgl 23 sampai 27 Mei,” beber dia.

Sekadar informasi, kuota haji Indonesia 1443 Hijriah atau tahun 2022 telah ditetapkan pemerintah melalui Menteri Agama, Yaqut Cholil Qumas. Dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 405 Tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia 1443 H/2022 M, yang ditandatangani tanggal 22 April 2022 itu ditetapkan bahwa kuota haji Indonesia tahun ini mencapai 100.051 orang. Perinciannya, 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya