SOLOPOS.COM - Ikon Kabupaten Jepara. (Istimewa/Perpusda Jateng)

Solopos.com, JEPARA — Kabupaten Jepara menjadi satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang meraih penghargaan tertinggi Adipura Kencana 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Selain Jepara, ada empat daerah lainnya di Indonesia yang memperoleh penghargaan tersebut, yakni Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, dan Kota Bitung. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

“Dalam urusan pembinaan dan pembangunan kemasyarakatan, Adipura bisa jadi koridor yang cukup biak,” ujar Siti Nurbaya Bakar, dilansir Antara, Selasa (28/2/2023).

Tak hanya penghargaan tertinggi Adipura Kencana, Kementerian LHK juga mengumumkan 80 kabupaten/kota yang berhasil meraih Anugerah Adipura, 61 kabupaten/kota penghargaan sertifikat Adipura, serta empat kabupaten/kota dengan penghargaan plakat Adipura yang merujuk lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik.

Mengutip laman resmi Kementerian LHK, Program Adipura merupakan instrumen kebijakan yang telah dilaksanakan sejak 1986. Dengan beragam perubahan dan pengembangan menjadi lebih baik, untuk memenuhi tuntutan kebutuhan dan arah kebijakan yang ada, penghargaan Adipura dapat menjadi instrumen yang efektif dalam mendorong terciptanya kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

Program Adipura bertujuan untuk mendorong kepemimpinan dan komitmen pemerintah kabupaten/kota serta membangun partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat untuk berperan menyelaraskan pertumbuhan ekonomi hijau, fungsi sosial, dan fungsi ekologis dalam proses pembangunan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik

Meraih penghargaan tertinggi Adipura Kencana, Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, menyterima kasih kepada masyarakat atas semangatnya menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Dirinya berharap, ke depannya senantiasa ditingkatkan.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruhnya. Ini wujud kerja keras kita bersama, kado keberhasilan masyarakat Jepara dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujar Edy dalam rilis tertulisnya di laman resmi Pemprov Jateng.

Dengan diraihnya penghargaan tertinggi Adipura Kencana tersebut, total Jepara meraih 16 piala Adipura. Bedanya, kali ini meraih kategori lebih tinggi, yakni Adipura Kencana.

“Tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Jepara juga telah meraih Adipura sebanyak 15 kali, dan 14 di antaranya diraih secara berturut-turut,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya